oleh

Tahapan Pilwakot Metro Diperkirakan Mulai Juni

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemungutan suara secara serentak Pemilihan Umum Kepala Daerah diperkirakan akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang, begitu pula dengan Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) dan Wakil Wali Kota Metro.

Hal tersebut mengacu pada Kesimpulan Rapat Kerja dengar pendapat Komisi II DPR RI dengan Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilihan Umum RI, Rabu (27/5), yang menghasilkan tiga kesimpulan, yaitu mengenai pemungutan suara serentak, tahapan lanjutan pemilu, dan pengusulan tambahan anggaran.

Diungkapkan Ketua KPU Metro Nurris Septa Prarama, jika melihat kesimpulan hasil rapat tersebut, pemungutan suara serentak akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang, di mana pihaknya masih menunggu PKPU tahapan Pilkada pengganti PKPU 15 tahun 2019.

“Kalau dari hasil rapat ya 9 Desember, tapi kita masih tunggu PKPU tahapan Pemilu pengganti PKPU 15 tahun 2019,” ujarnya saat dihubungi Radarlampung.co.id, Rabu (27/5).

Dari kesimpulan rapat tersebut, juga disampaikan bahwa tahapan lanjutan Pemilu akan dimulai pada 5 Juni. “Ya kemungkinan Juni lanjut tahapan yang tertunda. KPU Metro siap melaksanakan tahapan pemilu jika dimulai 5 Juni ini,” ucapnya.

Septa pun menuturkan, untuk tahapan Pilwakot Metro sendiri ada empat tahapan yang ditunda, yaitu pelantikan PPS, verifikasi syarat dukungan calon perseorangan, rekrutmen PPDP, penyusunan, dan penetapan daftar pemilih.

“Terkait kepasitannya kita tunggu saja, harap bersabar,” ujarnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi