oleh

Kapan Panwascam Lamtim Aktif  Lagi ? Ini Kata Panwaslu Lamtim

radarlampung.co.id – Para anggota panitia pengawas kecamatan (Panwascam) pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lampung Timur masih harus bersabar untuk dapat kembali diaktifkan.

Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Lampung Timur Uslih menjelaskan, terhitung sejak 31 Maret 2020 lalu seluruh anggota Panwascam diberhentikan sementara. Hal dalam rangka mendukung kebijakan pemerintah mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dilanjutkan, berdasarkan hasil rapat kerja Komisi II dengan Menteri Dalam Negeri, KPU RI, Bawaslu RI dan DKPP RI pada 27 Mei 2020 lalu, memang telah disepakati pemungutan suara akan dilaksanakan pada 9 Desember 2020. Kendati demikian, Bawaslu Lamtim belum dapat memastikan kapan akan mengaktifkan kembali para anggota Panwascam yang saat ini masih diberhentikan sementara.

“Kami masih menunggu petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu Republik Indonesia dan KPU RI terkait tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah,”jelas Uslih, Jumat (29/5).

Lebih lanjut dijelaskan, sembari menunggu petunjuk lebih lanjut terkait tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati, saat ini Bawaslu masih menyusun draf tentang rencana pengaktifan kembali para anggota Panwascam. “Setelah tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati diterbitkan, maka Bawaslu akan segera menjadwalkan pengaktifan kembali para anggota Panwascam,”lanjutnya.

Diketahui, pemberhentian sementara anggota Panwascam itu tertuang dalam Keputusan Bawaslu Lamtim Nomor 63/K.LA-04/HK/01.01/III/2020.

Ketua Bawaslu Lamtim Uslih mengatakan, konsekuensinya selama pemberhentian sementara, para anggota Panwascam tidak menerima honor. Keputusan itu berlaku secara nasional dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona.  “Pengaktifan kembali anggota Panwascam menunggu petunjuk lebih lanjut dari Bawaslu RI,” kata Uslih, Selasa (31/3) lalu. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi