oleh

Begini Metode KBM Era New Normal Usulan Pakar Pendidikan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembelajaran bagi siswa sekolah di era new normal membutuhkan adaptasi juga menggabungkan pembelajaran tatap muka dan virtual.

Salah satu pengamat pendidikan di Lampung Prof. Karwono mengatakan, pembelajaran atau kegiatan belajar mengajar di masa new normal harus mampu dilakukan secara blended learning. Artinya KBM yang dilakukan merupakan penggabungan antara pembelajaran tatap muka dan virtual.

“Belajar tatap mukanya tidak full, misalkan satu hari dibagi menjadi dua shift. Nah, sekarang metodenya yang dimainkan, tatap muka kan hanya memberi penjelasan sementara sisanya belajar dari rumah. Mestinya metode itu yang dimainkan guru,” sarannya, Jumat (29/5).

Menurutnya, pembelajaran di era new normal tidak semudah yang dibayangkan, siswa akan langsung belajar di sekolah atau tatap muka dengan menerapkan protokol kesehatan covid-19 setelah belajar dari rumah. Sehingga, dirinya mengimbau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk bisa menjalin kerja sama dengan orang tua siswa dalam melaksanakan KBM secara daring.

“Kurikulum kan sudah ditarget, tapi kondisi tidak bisa diubah, jadi sekarang ini yang dimainkan adalah metodenya atau caranya. Guru harus kreatif dan sudah miliki konsep, jadi dalam kondisi apapun bisa dilakukan. Tatap muka hanya untuk aspek-aspek pencapaian ranah yang mana, nah sisanya belajar di rumah,” katanya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi