oleh

Kepastian Penyelenggaran Haji Belum Pasti, 6639 Orang Sudah Lunasi Biaya

radarlampung.co.id-Kepastian adanya penyelenggaraan Haji 1441 H/2020 M tahun ini masih belum mendapat kepastian.

Kementerian Agama Kanwil Lampung masih menunggu informasi pemberangkatan haji dari Pemerintah Arab Saudi. Namun, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Kanwil Lampung Ansori mengatakan hingga Senin (1/6) belum ada kepastian jadwal keberangkatan haji.

“Sampai hari ini belum ada, nggak tahu kalau besok. Kami masih menunggu kepastian Pemerintah Arab Saudi, atau kami menunggu Pemerintah Indonesia mengambil sikap terkait penyelenggaraan haji ini,” beber Ansori melalui ponselnya Senin (1/6).

Kepastian haji memang membuat sejumlah persiapan urung dilakukan. Termasuk terkait katering dan persiapan lainnya. Padahal, harusnya kloter pertama keberangkatan haji tahun ini sudah masuk asrama pada 25 Juni dengan pemberangkatan pertama pada 26 Juni.

“Harusnya 25 Juni masuk asrama pertama, Lampung biasanya seminggu setelah nasional berangkat karena kan kita bergabung dengan Jakarta dan Banten. Namun sampai hari ini belum jelas. Sementara persiapan yang lain belum juga. Artinya kita sendiri belum juga lelang katering segala,” tambahnya.

Sampai saat ini Ansori mengatakan dari total 7040 kuota tahun ini, yang telah melakukan pelunasan sebanyak 6639 orang, termasuk 54 Petugas Haji Daerah (PHD). “Karena kemarin sudah diperpanjang tiga kali, ya kalau seandainya jadi maka yang tidak melakukan pelunasan maka tidak berangkat,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi