oleh

Siap-Siap, Bantuan Beras Bansos Covid-19 Tahap III Segera Disalurkan

radarlampung.co.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung akan segera menyalurkan beras bantuan sosial (Bansos) tahap III bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 pada bulan ini.

Hal itu diungkapkan, Kepala Dinas Sosial (Dissos) Kota Bandarlampung Tole Dailami kepada Radar Lampung, Minggu (1/6). Menurutnya, pembagian untuk tahap I dan II semuanya telah tersalurkan.

“Pembagian untuk tahap III segera dilaksanakan bulan ini. Terkait tanggalnya belum ditentukan. Sedangkan beras tahap I dan II sudah selesai,” ujarnya.

Dia mengatakan, Pemkot Bandarlampung melalui Dissos telah membagikan beras bandos penanganan Covid-19 tahap I sebanyak 400 ton dan tahap II pada pertengahan Mei 2020 sebanyak 700 ton.

Sedangkan, untuk tahap III akan dibagikan sebanyak 700 ton. Untuk jumlah penerima pihaknya menyesuaikan kebutuhan yang ada. “Ya seperti biasa, untuk jumlah penerimannya akan disesuaikan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, untuk pembagian bansos beras bagi masyarakat yang terdampak Covid-19 diperkirakan hanya sampai tahap III saja. Lantaran telah memasuki New Normal. “Sepertinya sampai tahap III saja, soalnya sudah masuk New Normal,” jelasnya.

Dia mengatakan, meskipun ide New Normal mulai instruksikan oleh pemerintah pusat. Namun, Pemkot Bandarlampung sesungguhnya telah menerapkan sejak dulu, yakni tidak menutup pusat perbelanjaan.

Menurutnya, Pemkot terus berupaya dalam menanggulangi persoalan sosial terkait pemenuhan kebutuhan pokok warga ditengah pandemi Covid-19. Adapun total keseluruhan beras bansos penanganan Covid-19, rencananya sebanyak 1.800 ton.

Dia menyebutkan, pembagian beras tersebut berdasarkan usulan kecamatan masing-masing mengacu pada database penerima PKH, BPNT, masyarakat tidak mampu dan layak mendapatkan bantuan.

Selain, beras bansos penanganan Covid-19, pihaknya juga telah menyalurkan sebanyak 100 ton beras cadangan pemerintah (CBP) kepada 50.000 masyarakat Kota Bandarlampung.

“Beras CBP ini yang 2 kg, yang kualitas medium, sedangkan yang bansos penanganan Covid-19 beras jenis premium,” ujarnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi