oleh

Bahas Penambahan Anggaran, Hari Ini KPU Metro Rapat Internal

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemilihan Umum (Pemilu) serentak dipastikan akan dilaksanakan pada 9 Desember mendatang. KPU Metro pun mulai melakukan persiapan kembali tahapan pemilu, baik mengenai penambahan anggaran dan lainnya.

Diketahui, berdasarkan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD), KPU Metro mendapat jatah anggaran keperluan Pilwakot sekitar Rp14 miliar, dan sampai saat ini telah digunakan sekitar 30 persen.

Nurris Septa Pratama selaku Ketua KPU Metro menuturkan, pihaknya telah melakukan rapat virtual bersama KPU Provinsi Lampung mengenai tahapan pemilu yang direncanakan akan dimulai pada 15 Juni mendatang.

“Kita sudah rapat secara virtual berdasama KPU Provinsi,” ujarnya kepada Radarlampung.co.id, Senin (1/6).

Menurutnya, KPU Metro akan melakukan rapat internal mengenai persiapan-persiapan tahapan pemilu. “Besok (hari ini, Red) kita rapat internal, karena pasca rapat virtual dengan KPU Provinsi, mengenai langkah-langkah kita,” ucapnya.

Mengenai penggunaan anggaran, menurut Septa pihaknya masih menunggu keputusan KPU RI, karena jadwal tahapan belum diketahui. “Tapi memang kita diminta koordinasi karena standar kita menggunakan standar protokol kesehatan. Karena akan ada penambahan anggaran di TPS, petugas KPPS, dan lainnya maka besok mau kita rapatkan,” jelasnya.

Adapun anggaran NPHD KPU Metro sendiri sebesar Rp14 miliar dan telah dipakai sebesar 30 persen. “Ya, tahun 2019 ditransfer sekitar Rp500 juta dan awal tahun 2020 sekitar Rp4 miliar,” ujarnya.

Namun, diungkapkan Septa, pihaknya sampai saat ini belum menerima jadwal tahapan program Pemilu yang akan diselenggarakan 9 Desember mendatang. “Masih menunggu, termasuk apakah jumlah pemilihan di TPS dikurangi, karena maksimal satu TPS 800 pemilih, apa dibuat menjadi 300 pemilih saja, serta dilakukan penambahan TPS. Karena saat ini jumlah TPS ada 245,” ungkapnya. (pip/sur)

Komentar

Rekomendasi