oleh

Tahapan Pilkati Serentak Tunggu Ketetapan Mendagri

TUBABA-Tahapan Pemilihan Kepala Tiyuh (Pilkati) serentak tahun 2020 di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang ditunda akibat dampak pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) hingga kini belum ada kepastian kapan akan dilanjutkan. Terkait hal ini, Pemkab Tubaba masih menunggu ketetapan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Diketahui, pemungutan suara pilkati serentak di Tubaba seyogyanya dilaksanakan pada 19 Mei lalu. Namun, tahapan terhenti hanya sampai dengan penetapan calon melalui SK Bupati. Hal ini diperkuat dengan Surat Edaran Mendagri Nomor : 141/2577/ SJ, tanggal 24 Maret 2020 perihal Saran Penundaan Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak dan Pemilihan Kepala Desa Antar Waktu.

“Yang jelas, kita menunggu surat resmi mendagri untuk melaksanakan tahapan selanjutnya. Kalau surat sebelumnya  belum dicabut, maka tahapan tetap belum dilaksanakan karena penundaan waktu itu juga berdasarkan surat mendagri tersebut,”ungkap Mansyur Ys, SE, MM, Kabag Tapem Setdakab Tubaba, melalui telepon, Selasa (2/6/2020).

Dijelaskannya, beberapa tahapan yang tertunda diantaranya yakni pengundian dan penetapan nomor urut calon, kegiatan kampanye, hingga pemungutan suara.”Untuk pencegahan dan penanganan Covid-19, maka semua ditunda karena jika tetap dilaksanakan maka akan ada kegiatan berkumpulnya orang banyak, sementara protokol kesehatan pencegahan Covid-19 tidak memperbolehkan itu,”ulasnya.

Mansyur berharap, semua pihak dapat lebih bersabar menunggu kepastian mengenai pilkati tersebut, dan tetap menjaga situasi yang kondusif hingga pelaksanaan pilkati nantinya.”Semua tetap akan dilaksanakan, hanya saja menunggu. Sebab, kondisi ini (penundaan pikati) bukan hanya di Tubaba, tapi berlaku secara nasional. Jadi, kita harus bersabar,”tukasnya.

Diketahui, pilkati serentak tahun ini tersebar di tiga kecamatan. Di Kecamatan Tulang Bawang Tengah dilaksanakan oleh Tiyuh Panaragan, Penumangan Baru, dan Mulya Kencana. Kemudian Tiyuh Gunung Katun Tanjungan di Kecamatan Tulang Bawang Udik dan Tiyuh Bangun Jaya Kecamatan Gunung Agung. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi