oleh

Ini Capaian Sensus Penduduk Online 2020

radarlamlung.co.id – Sensus Penduduk Online telah selesai dilaksanakan pada 29 Mei 2020, kemarin. Berdasarkan data yang diperoleh Badan Pusat Statistik (BPS) provinsi Lampung, secara defakto ada sebanyak 1.916.593 jiwa atau setara dengan 510.528 KK yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kepala BPS provinsi Lampung, Faizal Anwar mengatakan, kegiatan SP Online ini telah dilaksanakan sejak tanggal 15 Februari hingga 29 Mei 2020. “Dari capaian yang diraih tersebut, artinya ada sebanyak 20 sampai 23 persen masyarakat Lampung yang berpartisipasi dalam pelaksanaan SP Online,“ katanya.

Dia juga mengatakan, sesuai dengan amanat undang-undang statistik yang diemban oleh BPS, pihaknya akan melaksanakan SP 2020 dengan dua cara. Yakni melalui Online dan Pendataan secara manual yang rencananya akan dilakukan pada September 2020, mendatang.

Disamping itu, dengan adanya pandemi covid-19 yang saat ini melanda provinsi Lampung, pihaknya akan melakukan sensus penduduk manual dengan sistem penyampaian dokumen, tanpa harus mendatangi satu persatu rumah penduduk.

“Bagi masyatakat yang belum sempat berpartisipasi dalam SP Online, maka pada bulan September 2020 nanti kami akan melakukan pendataan dengan mekanisme tidak dengan mendatangi langsung mengingat adanya protokol kesehatan yang harus dijalankan,“ katanya.

Menurutnya, Sensus penduduk dengan mekanisme penyampai dokumen ini nantinya akan bekerjasama dengan RT setempat untuk membagikan dokumen-dokumen yang perlu diisi oleh masyarakat. “Sehingga pada tahun 2020 ini, kita bisa mendapatkan jumlah penduduk Lampung yang riil,“ tambahnya.

Sensus penduduk ini sendiri, sangat beguna untuk mengetahui kondisi sebaran penduduk, jenis kelamin, pekerjaan dan lain-lain yang dibutuhkan dalam melakukan perencanaan makro dan pengambilan kebijakan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah.

“Karena itu, bagi masyarakat yang belum berpartisipasi dalam sensus penduduk online diharapkan dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan pendataan sensus penduduk melalui dokumen yang akan dilaksanakan pada bulan September 2020 nanti,“ pungkasnya. (Ega/yud)

Komentar

Rekomendasi