oleh

Pendaftaran UTBK Dibuka, Begini Langkah Pendaftarannya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 telah dibuka mulai pukul 13.00. Pendaftaran UTBK dibarengi dengan pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung M. Komarudin mengungkapkan, setelah login di portal LTMPT, peserta diharuskan mengisi biodata serta memilih pusat UTBK.

“Di Lampung ada dua lokasi, Unila dan Itera. Untuk peserta memang diimbau untuk memilih lokasi UTBK yang terdekat dengan kediamannya. Kalau misalkan dari Mesuji, ya memilih di Bandarlampung,” ujarnya, Selasa (2/6).

Kemudian, lanjutnya, setelah peserta telah melengkapi biodata dan memilih pusat UTBK, peserta akan diminta untuk membayar biaya UTBK sebesar Rp150 ribu ke bank yang telah ditunjuk.

“Jika peserta penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, tidak dipungut biaya pendaftaran UTBK. Setelah peserta reguler membayar biaya tersebut, peserta login kembali dan memilih program studi di PTN yang dituju. Setelah itu dilakukan simpan permanen dan cetak kartu tanda peserta UTBK,” katanya.

Dikatakannya, pada pelaksanaan tes UTBK nanti, pihaknya tetap akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 guna memutus penyebaran corona virus. Pihaknya juga bekerja sama dengan satgas Covid-19 Unila untuk penerapan protokol kesehatan.

“Ujiannya kan hanya satu saja jenis. Sehingga dalam satu hari bisa dilakukan sampai empat sesi kecuali hari Jumat dengan menerapkan protokol kesehatan. Seperti masuk dan keluar ruangan ada jeda waktu sehinggga tidak saling bersentuhan, sebelum masuk dilakukan pengukuran suhu tubuh. Jarak antar peserta diberikan space satu sampai dua meter, kita juga menyediakan hand sanitizer,” ungkapnya.

Ia menambahkan, Unila menyediakan kuota sekitar 6.045 mahasiswa baru dari tiga jalur masuk, SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri. Sedangkan kuota jalur SBMPTN sekitar 2.972 orang.

“Jika ada calon mahasiswa baru yang tidak mendaftar ulang SNMPTN, kuota tersebut akan diakomodir ke SBMPTN dan jalur mandiri,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi