oleh

Penyuluhan Tentang Kualitas Tidur Pada Kehamilan Terhadap Hipertensi di Kecamatan Punggur Lampung

Oleh Ratna Dewi Puspita Sari, Winda Trijayanthi Utama, Sutarto*

 

radarlampung.co.id-Angka kematian ibu di negara berkembang saat ini masih menjadi masalah kesehatan dunia. WHO melaporkan bahwa pada tahun 2015 setiap harinya terdapat 830 ibu meninggal baik saat kehamilan maupun saat persalinan (World Health Organization, 2015).

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang memiliki angka kematian ibu lebih tinggi dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara yaitu sebesar 190 per 100.000 kelahiran hidup pada tahun 2013 (Kementerian Kesehatan, 2015). Salah satu penyebab tingginya angka kematian ibu adalah hipertensi dalam kehamilan dengan prevalensi sebesar 24 persen (World Health Organization, 2015).

Di Indonesia, hipertensi dalam kehamilan juga termasuk kedalam tiga penyebab utama kematian ibu, yaitu mencakup 25 persen dari seluruh penyebab kematian ibu. Kejadian hipertensi dalam kehamilan mengalami kenaikan dari 21,5 persen pada tahun 2010 menjadi 27,1 persen pada tahun 2013 (Kementerian Kesehatan, 2015).

Hipertensi menjadi penyebab kematian ibu di Indonesia yang mencakup 25 persen dari seluruh penyebab kematian ibu. Gangguan tidur menjadi salah satu faktor yang diduga dapat menyebabkan hipertensi dalam kehamilan. Ibu hamil sebesar 25 persen mengeluh mengalami gangguan tidur dan meningkat sampai 75 persen pada trimester ketiga. Kualitas tidur mempengaruhi sistem kardiovaskular, neuroendokrin, metabolisme, dan imunitas.

Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu penyuluhan mengenai kualitas tidur terhadap hipertensi pada kehamilan, pemberian materi dan penayangan video mengenai pola tidur yang baik pada ibu hamil dan pengisian kuesioner.

Setelah dilakukan penyuluhan, terjadi peningkatan pada lebih dari 90 persen peserta, yang artinya kegiatan edukasi atau penyuluhan ini dianggap berhasil meningkatkan pengetahuan peserta. Program ini terbukti meningkatkan pengetahuan peserta tentang cara meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil, hubungan antara tidur dan kejadian hipertensi pada ibu hami, bahaya kualitas tidur yang buruk bagi ibu hamil. Selanjutnya perlu diadakan lebih banyak kegiatan serupa tentang materi yang sama bagi daerah lain dengan permasalahan tertentu.

Melalui evaluasi, Penyuluhan Tentang Kualitas Tidur Pada Kehamilan Terhadap Hipertensi di Kecamatan Punggur, Lampung Tengah berhasil dilaksanakan. Program ini juga terbukti meningkatkan pengetahuan peserta tentang bagaimana cara meningkatkan kualitas tidur pada ibu hamil, hubungan antara tidur dan kejadian hipertensi pada ibu hamil, bahaya kualitas tidur yang buruk bagi ibu hamil. (*)

*Jurusan Pendidikan Dokter, Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

 

Komentar

Rekomendasi