oleh

KPU Pesawaran Revisi Anggaran Pilkada

radarlampung.co.id – KPU Pesawaran tengah merevisi anggaran untuk pelaksanaan pilkada Desember 2020 mendatang. Pasalnya, kebutuhan anggaran dengan penerapan protokol kesehatan di tengah pandemi virus Corona meningkat.

“Saat ini kita masih menunggu PKPU dan juknisnya. Kita lagi melakukan revisi anggaran. Tempo hari kita sudah koordinasi dengan pemda, terkait informasi akan adanya perubahan. Belum sampai ke usulan penambahan anggaran pilkada. Masih kita revisi,” kata Ketua KPU Pesawaran Yatin P. Sugino, Jumat (5/6).

Sebelum pandemi virus Corona, ada 925 TPS di Pesawaran. Satu TPS mencapai 800 pemilih. Namun dengan penerapan protokol kesehatan, maka maksimal satu TPS hanya 500 pemilih.

“Artinya ada penambahan jumlah TPS. Kalau kita hitung, maka sekitar 1.211 TPS,” urainya.

Ini menyebabkan ada penambahan personel. Begitu juga dengan sarana prasarana dan logistik. Mulai dari bilik, tinta, alat coblos, hand sanitizer, dan logistik lainnya.

“Termasuk alat pelindung diri untuk petugas di TPS dan kelengkapan lain yang harus sesuai dengan protokol kesehatan,” tegasnya.

Jika sebelumnya hanya disediakan satu alat coblos pada setiap bilik, direncanakan satu alat untuk satu pemilih. Kemudian kebutuhan tinta juga akan dihitung. Karena rencananya usai mencoblos, SOP tidak dicelupkan jari tetapi diteteskan atau disemprotkan.

“Mudah-mudahan revisi segera rampung. Sehingga akan diketahui berapa kebutuhan tambahan anggaran yang akan kita usulkan ke pemerintah daerah,” pungkasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi