oleh

Puluhan Perguruan Tinggi Kolaborasi Ciptakan Indonesia Unggul

 

radarlampung.co.id – Sebanyak 35 rektor dari perguruan tinggi di Indonesia berkolaborasi dalam forum rektor penguat karakter bangsa untuk menuju Indonesia unggul dengan pengimplementasian kampus merdeka. Hal tersebut tertuang dalam memorandum of understanding (MoU), dan juga sebagai tindaklanjut hasil pertemuan dengan wakil presiden RI beberapa waktu lalu.

Rektor Universitas Lampung Prof Karomani selaku ketua forum rektor penguat karakter bangsa melalui juru bicaranya Kahfie Nazaruddin menjelaskan, kolaborasi tersebut dimaksudkan untuk mempertebal kesatuan, persatuan atau kebersamaan untuk mengenal potensi satu sama lain.

“Sehingga dapat saling membantu penguatan Tridharma perguruan tinggi, terutama dalam momentum pelaksanaan kampus merdeka,”ujarnya.

Kemudian, dalam kolaborasi perguruan tinggi tersebut, diharapkan dapat merespon isu-isu strategik antara lain isu penguatan intoleransi, isu komunisme, isu industry 4.0 & education 4.0, isu pandemik Covid-19 dan new normal, isu pelemahan ekonomi, isu Persiapan SDM Indonesia yang Tangguh.

Ia mengatakan, forum rektor tersebut akan melakukan berbagai program dan kerja sama, salah satunya pelaksanaan penyelenggaraan kebijakan merdeka belajar-kampus merdeka bagi 35 kampus tersebut.

“Tadinya kan rencananya sebelum covid, wapres mau ke Unila untuk launching implementasi kampus merdeka. Tapi karena ada pandemi, itu dibatalkan. Nah, sekarang karena rektor Unila menjadi koordinator forum rektor, Unila mempersiapkan implementasi kampus merdeka, seperti kurikulumnya bagaimana untuk kampus merdeka. Salah satunya memberikan hak belajar tiga semester di luar program studi kepada mahasiswa yang dilaksanakan oleh program studi dan di luar Program Studi sesuai dengan Permendikbud No 3 Tahun 2020,” bebernya.

Ia menambahkan, dalam program kerja sama, pengembangan forum rektor penguat karakter bangsa bagi kantor wapres dalam penguatan karakter bangsa. Kemudian, seminar kebangsaan untuk penguatan karakter bangsa dengan mengundang tokoh-tokoh nasional, menteri, akademisi dan lainnya dilakukan secara online.

“Kalau tridarma perguruan tinggi dalam rangka kampus merdeka diantaranya penelitian dosen bersama, pengabdian bersama, pertukaran mahasiswa, dan lainnya,”pungkasnya. (rur/yud)

Komentar

Rekomendasi