oleh

Pascasarjana Unila Matangkan Persiapan PJJ

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) terus mematangkan persiapan penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) bagi program studinya dalam waktu dekat.

Direktur Pascasarjana Unila Prof. Wan Abbas Zakaria mengatakan, saat ini sudah ada dua program studi (Prodi) yang siap melakukan skema PJJ mata kuliah, yaitu Magister Manajemen Pesisir dan Wilayah Laut, serta Magister Ilmu Lingkungan.

“Sudah saya diskusikan bahwa dua prodi ini akan mengambil skema PJJ mata kuliah. Jadi nanti ada beberapa mata kuliah yang prosesnya dilakukan dengan PJJ,” ujarnya, Minggu (7/6).

Wan Abbas menjelaskan, sebelum dilaksanakan PJJ, ada hal yang perlu dirancang dalam persiapan skema PJJ. Di antaranya, pemilihan mata kuliah, koordinasi dengan para dosen mata kuliah, serta menyiapkan bahan-bahan ajar.

Selain itu, lanjutnya, skema penerimaan mahasiswa baru perlu ditentukan. Adapun mekanisme rekruitment calon mahasiswa nantinya diusulkan menjadi dua model, rekruitmen biasa dan kerja sama.

Untuk rekruitmen kerja sama, proses penerimaan akan dilakukan melalui kerja sama pemerintah daerah, institusi, maupun perusahaan.

“Jadi pada tahap awal, penerapan metode PJJ mata kuliah di tahun akademik baru nantinya akan menerapkan konsep blended learning. Selain itu, Pascasarjana Unila akan mencoba memenuhi persyaratan pembentukan PJJ program studi sehingga calon mahasiswa dapat memilih kuliah tatap muka maupun kuliah secara daring,” ungkapnya.

Dengan adanya penyelenggaraan PJJ mata kuliah, Wan Abbas optimistis Unila dapat meningkatkan jumlah partisipasi mahasiswa, jumlah penelitian, dan yang terpenting adalah akreditasi universitas.

“Saya mohon kerja sama secara bersinergi dengan seluruh program studi pascasarjana yang ada di Unila untuk bahu membahu melaksanakan dan menyukseskan PJJ tersebut,” katanya. (rur/rls/sur)

Komentar

Rekomendasi