oleh

PBB-P2, Potensi PAD yang Perlu Dioptimalkan

radarlampung.co.id – Pajak Bumi dan Bangunan sektor Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) yang merupakan salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di wilayah setempat harus terus dioptimalkan. Sebab, sebagai daerah yang terbilang muda dengan semangat yang tinggi untuk berkembang, Tubaba harus terus berupaya dalam meningkatkan PAD guna menunjang program pembangunan yang saat ini gencar dilakukan di Bumi Ragem Sai Mangi Wawai itu.

Bukan tanpa alasan itu dapat dilakukan, mengingat setelah adanya pendaerahan PBB-P2 sejak beberapa tahun lalu, maka Tubaba memiliki kewenangan dalam mengelola pajak tersebut. Artinya, PAD Tubaba yang bersumber dari pajak tersebut sangat berpotensi untuk ditingkatkan.“PBB-P2 adalah peluang besar bagi pemerintah kabupaten untuk meningkatkan PAD, mengingat seluruh pengelolaannya sudah dilakukan oleh masing-masing kabupaten. Namun, kemampuan masyarakat dalam melunasi pajak tersebut tentu menjadi salah satu pertimbangan,”ungkap Edi Zulkarnaen, Ketua PWI Tubaba Minggu (7/6)

Selaku insan pers, Edi menilai pembangunan di Tubaba saat ini sudah cukup maju, namun jika PAD meningkat tentunya pemkab setempat dapat lebih memperluas program pembangunannya.”Tidak dapat dipungkiri, perluasan dan percepatan akselerasi pembangunan disegala bidang yang saat ini secara bertahap terus dilakukan oleh Pemkab Tubaba sangat dipengaruhi oleh anggaran. Tapi, seiring dengan meningkatnya PAD, maka tentunya akan mengoptimalkan anggaran di daerah ini,”terangnya.

Untuk itu dirinya berharap, Pemkab Tubaba melalui instansi terkait dapat memaksimalkan upayanya dalam meningkatkan PAD yang bersumber dari pajak.”Salah satunya adalah dengan pemutakhiran data secara terus menerus terhadap wajib pajak. Ini sangat perlu dilakukan demi meratanya penarikan PBB-P2 di Tubaba. Sebab saya rasa masih banyak masyarakat yang belum terdata sebagai wajib pajak,” cetusnya.

Namun di satu sisi, upaya tersebut menurutnya tidak akan berjalan maksimal tanpa didukung oleh semua lapisan masyarakat.”Jadi, kesadaran masyarakat selaku wajib pajak akan pentingnya membayar pajak harus lebih ditingkatkan demi mendukung Pemkab Tubaba dalam meningkatkan PAD yang diharapkan nantinya dapat menunjang kemajuan dan percepatan pembangunan di kabupaten ini yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat,”pungkasnya. (fei/rnn/ang)

 

Komentar

Rekomendasi