oleh

Ingat, Data Tak Bisa Diubah Pasca Tersimpan Permanen

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 tengah berlangsung. Sejak dibuka pada 2 Juni lalu hingga per 9 Juni sudah 493.440 peserta menyelesaikan proses pendaftaran.

Humas Badan Pengelolaan Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin mengatakan, jumlah peserta yang telah mendaftar tersebut berdasarkan data secara global. Terbukti, antusias calon mahasiswa baru untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi juga besar meskipun di masa pandemi Covid-19.

Dikatakannya, bagi peserta yang telah mendaftar UTBK-SBMPTN dan telah simpan permanen, tidak bisa lagi mengubah data diri, termasuk mengubah pusat UTBK, jurusan yang dipilih dan data disabilitas (jika ada). Namun, masih bisa mengubah beberapa data pada pusat UTBK.

“Seperti pas foto, nomor telepon dan alamat. Untuk mengubah itu, calon mahasiswa harus datang di pusat UTBK pilihan dengan membawa data pendukung untuk memastikan kebenaran identitas diri. Tapi kalau mengubah prodi pilihan atau PTN tidak bisa lagi jika sudah simpan permanen,” jelasnya, Rabu (10/6).

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada calon mahasiswa untuk benar-benar teliti dan pasti saat memilih prodi sebelum simpan permanen data. Ia juga mengingatkan, pada calon mahasiswa yang memiliki kebutuhan khusus tunanetra untuk memastikan telah mencentang pilihan berkebutuhan khusus tunanetra.

“Jika tidak mencentang, akan ditempatkan di ruang ujian yang tidak memiliki fasilitas untuk tunanetra,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi