oleh

Ada Modal Dasar, Pringsewu Harus Pertahankan Model ODF

radarlampung.co.id – Pringsewu telah menjadi model ODF bagi daerah lainnya. Namun demikian,  mempertahankannya lebih sulit daripada mencapainya.

Ini dikatakan Wash Advisor SNV Indonesia Bambang Pujiatmoko yang menjadi narasumber web seminar (Webinar) bertajuk Pengelolaan Sanitasi Aman di Kabupaten Pringsewu.

Kegiatan yang digelar Yayasan Konservasi Way Seputih serta dipandu Direktur Eksekutif Febrilia Ekawati ini juga diikuti Bupati Pringsewu Sujadi Saddat dan Plt. Kadis PUPR Pringsewu Imam Santiko Raharjo.

Bambang menuturkan, Pringsewu telah mempunyai modal dasar. Yakni masyarakat yang telah tersentuh hatinya;  kolaborasi, sinkronisasi, koordinasi dan sinergitas antar OPD. Koordinasi kecamatan, pekon serta lembaga pengelola sanitasi aman.

“Ketiga, regulasi. Pringsewu memiliki Perda STBM berkelanjutan, Perda Pengelolaan limbah domestik, dan Peraturan Bupati. ”
Pringsewu mungkin satu-satunya daerah yang memiliki Perda STBM Berkelanjutan. Ini didukung pendanaan,” kata Bambang.

Sementara Bupati Sujadi mengatakan,  pandemi Corona membuat dirinya lebih bersemangat dalam menangani sanitasi total berbasis masyarakat (STBM).

“Instrumen dan infrastruktur penegakan Perda tentang STBM wajib dilaksanakan. Kesungguhan seluruh OPD juga menjadi kata kunci dalam pengelolaan STBM. Di samping kerjasama antar masyarakat dan lembaga,” tegasnya. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi