oleh

Songsong New Normal, KJHLS Berikan Edukasi ke Masyarakat

radarlampung.co.id – Kepedulian terhadap sektor pendidikan, ditunjukkan Komunitas Jurnalis Harian Lampung Selatan (KJHLS). Utamanya, dalam menyongsong New Normal yang sebentar lagi bakal diterapkan di semua sektor masyarakat.

Organisasi wartawan harian ini, memberikan sosialisasi dan edukasi terhadap sekolah untuk penerapan New Normal di lingkungan sekolah. Sebagai pelaksanaan program perdana, kegiatan dilakukan di SMPN 1 Sragi, Sabtu (13/6).

Kegiatan ini, dikemas kedalam salah satu program Satuan Tugas (Satgas) Jurnalis yang belum lama dibentuk KJHLS. Para wartawan ini melibatkan sekitar 10  pelajar dan 5 tenaga pendidik untuk perhelatan kegiatan ini.

Dalam rangkaiannya, Satgas Jurnalis memberikan sosialisasi tentang bahaya corona virus disease (covid-19) hingga bagaimana langkah pencegahannya. Setelah itu, mereka kemudian memberikan edukasi tentang  penerapan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di sekolah pada fase new normal.

Tidak hanya itu, sejumlah jurnalis itu juga memandu para pelajar dan guru untuk melakukan simulasi tentang menerapkan new normal di lingkungan sekolah. Yakni, mulai dari mencuci tangan sebelum masuk sekolah, menggunakan hand sanitizer sebelum masuk kelas dan menerapkan tempat duduk secara berjarak.

Kepala SMPN 1 Sragi, Rukun, SPd menerangkan, kegiatan tersebut sangat membantu pihak sekolah, untuk mengedukasi para siswa jika pada fase new normal bakal diterapkan KBM secara tatap muka.

Rukun juga mengatakan, pihak sekolah juga telah mempersiapkan sejumlah perlengkapan untuk menunjang protocol kesehatan.

“Kami sangat terbantu dengan kegiatan ini. Sebab, ketika pemerintah memutuskan untuk KBM ini secara tatap muka, kita sudah siap untuk penerapan new normal di sekolah,” ujarnya.

Rukun juga berharap, kedepan para siswa dan dewan guru yang telah menerima edukasi yang disampaikan oleh Satgas Jurnalis, dapat diterapkan. Baik dilingkungan sekolah maupun di rumah.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat. Kemudian, untuk rekan-rekan jurnalis, saya harapkan dapat melakukan kegiatan semacam ini kesekolah lainnya. Agar, sekolah selalu terjaga protocol kesehatannya dan tidak menjadi sentral penyeberan penyakit ini,” harapnya.

Sementara, Ketua KJHLS, Maxi Ma’i mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada pelajar maupun tenaga pendidik untuk bagaimana menerapkan KBM pada fase new normal.

“Kedepan, kita akan melakukan kegiatan yang sama ke seluruh kecamatan yang ada di Lamsel. Sehingga, dari edukasi yang kita sampaikan ini, dapat mencegah penyebaran covid-19 di lingkungan sekolah,” ungkap Jurnalis Radar TV ini.

Berdasarkan pantauan, setelah kegiatan tersebut, Satgas Jurnalis KJHLS menobatkan peserta edukasi new normal sebagai Duta Covid-19 tingkat pelajar di Lamsel. Mereka memberikan piagam kepada para pelajar dan guru sebagai cindera mata. (rls/yud)

Komentar

Rekomendasi