oleh

Eksekutif – Legislatif Gelar Sidang Istimewa HUT Lampura Ke-74 Tahun

radarlampung.co.id – Dalam rangka HUT Kabupaten Lampung Utara (Lampura) ke-74 tahun 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, menggelar sidang Paripurna Istimewa, diruang sidang kantor DPRD, Senin (15/6).

Sidang Istimewa dengan tema Bersama Rakyat Kabupaten Lampura Kuat, Hebat, Bermartabat, dibuka langsung Ketua DPRD Lampura, Romli Amd dan dihadiri Plt. Bupati Lampura Hi. Budi Utomo, Gubernur Lampung yang diwakili staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Provinsi Lampung Saiful Dermawan, Anggota DPRD Provinsi Lampung Hi. Imam Suhada, Forkopimda, Plt. Sekda Sofiyan, anggota DPRD, Para Kepala OPD, serta perangkat Pemerintah Kabupaten Lampura.

Ketua DPRD Lampura Romli, dalam kesempatan itu mengucapkan selamat HUT Lampura ke 74 dan menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya atas kehadiran untuk mengikuti rapat paripurna dalam rangka HUT Lampura ke-74 tahun 2020.

Terbentuknya sejarah Kabupaten Lampura, kata Romli, adalah hasil dari suatu proses yang panjang, yang dirintis oleh tokoh-tokoh daerah agar Kotabumi menjadi sebuah Kabupaten Daerah Tingkat II Lampung Utara.
”Allhamdulilah perjuangan para tokoh putra terbaik Lampung Utara dapat terwujud,” ucap Romli.

Sementara dalam sambutannya, Budi Utomo menyampaikan, Kabupaten Lampura berusia 74 tahun, dalam kurun waktu itu pula, kepala daerah silih berganti dalam membangun Kabupaten Lampura.

“Oleh karena itu, kita patut berbangga dan berterima kasih kepada tokoh daerah yang telah mewarnai dinamika pembangunan hingga pembangunan Lampura sampai pada hari ini” kata Budi Utomo.

Dikatakan Budi Utomo, dimasa pandemi covid-19, ini berbagai daerah melakukan upaya pemutusan mata rantai covid-19, tak terkecuali Lampura, sehingga, dirinya berharap seluruh masyarakat Lampung Utara dapat bersama-sama dalam memutus mata rantai covid-19.

“Karena tanpa adanya bantuan masyarakat, upaya Pemerintah daerah bersama forkopimda dalam memutus penyebaran covid-19 akan sia-sia,” kata Budi Utomo.

Ia mengakui, membangun daerah tidaklah mudah, harus diuji dengan dinamika kehidupan, seperti adanya covid-19 yang melanda dunia termasuk daerah Kabupaten Lampura saat ini. Oleh sebab itu, pencegahan covid-19 menjadi hal yang utama, terlebih di Kabupaten Lampura saat ini telah ada yang terkena wabah covid-19.

“Untuk itu, saya mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bahu mambahu dalam memutus penyebaran covid-19 di Kabupaten Lampung Utara,” ucapnya.

Budi Utomo menambahkan, Karantina dilakukan sebagai salah satu langkah untuk memutus penyebaran, khususnya kepada keluarga terdekat. Untuk keluarga pasien dibantu dengan memberikan sembako. Namun masih ada beberapa warga yang menolak untuk di karantina, dalam hal ini tim gugus tugas lapangan melakukan penjemputan secara persuasif ke warga yang menjadi Orang Tanpa Gejala (OTG) dirumahnya.

“Hal itu, merupakan salah satu upaya pemerintah Kabupaten Laampura, guna untuk memutus tali rantai penyebaran covid-19 di tengah-tengah masyarakat Lampura,” ujarnya.

Budi Utomo juga menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Lampung Utara, agar kiranya menjalankan protokol kesehatan dengan sesering mungkin mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, menjaga jarak dalam berinteraksi (social distancing), menggunakan masker apabila bepergian keluar rumah. “Bersama rakyat kabupaten Lampung Utara kuat, hebat, dan bermartabat,” tutupnya.

Sementara, mewakili Gubernur Lampung, Saiful Dermawan mengucapkan selamat HUT Lampura ke 74 tahun 2020, peringatan hari jadi Kabupatem Lampura ini juga merupakan wahana untuk melakukan refleski atas kinerja pembangunan selama ini, oleh karena itu segenap keberhasilan yang telah dicapai dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Selain itu, saya berpesan agar kiranya Plt Bupati dapat terus secara aktif berkenaan dalam upaya memutus penyebaran covid-19, koordinasi dan sinergitas yang selama ini berjalan dengan baik dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan sehingga geliat pembangunan dapat berjalan dengan lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampura,” kata dia.

Pantauan Radar Lampung, usai sidang Paripurna Istimewa, acara dilanjutkan dengan pemotongan kue tumpeng oleh Ketua DPRD Lampura kepada Plt. Bupati Lampura.(adv)

Komentar

Rekomendasi