oleh

Hamdalah, Pasien Covid-19 Sembuh di Lampung Terus Bertambah

radarlampung.co.id-Penambahan sejumlah pasien sejak Sabtu (13/6) sebanyak 12 kasus, Minggu (14/6) satu kasus. Sementara Senin (15/6) tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Lampung. Sehingga kasus terkonfirmasi positif kini mencapai angka 166 orang.

Dengan rincian, 39 orang masih dirawat atau isolasi, 115 sembuh. Juru Bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana mengatakan dalam pers rilisnya Senin (15/6) tidak ada penambahan pasien terkonfirmasi positif. Namun jumlah pasien sembuh bertambah.

“Alhamdulillah hari ini tidak ada penambahan yang positif yang masih dirawat di ruang isolasi. Sementara pasien sembuh ada satu orang, yaitu pasien 119 merupakan laki-laki 38 tahun dari Lampung Tengah,” bener Reihana.

Dengan terus bertambahnya kasus sembuh di Lampung, Reihana tetap mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap mematuhi seluruh protokol kesehatan. “Saya juga ingin mengingatkan kembali kepada masyarakat, protokol kesehatan adalah harga mati yang harus kita lakukan jika kita ingin hidup berdampingan dengan Covid-19, atau yang kita sebut dengan normal baru,” beber Reihana.

Dia menambahkan, masyarakat harus tetap memakai masker, menjaga jarak jika ingin bersosialisasi minimal 1 meter dan sering sering melakukan cuci tangan dengan sabun di bawah air yang mengalir atau pun membawa hand sanitizer.

“Itu harus selalu kita lakukan, tentu saja provinsi Lampung tidak melakukan PSBB (pembatasan sosial berskala besar). Namun untuk melakukannya normal hidup berdampingan dengan Covid-19. Tentu kita juga harus melakukan beberapa syarat yaitu pertama kita harus melakukan prakondisi, di mana kita harus sosialisasi terus-menerus tentang protokol kesehatan yang harus kita lakukan tatkala kita hidup berdampingan dengan virus,” tambahnya.

Selanjutnya adalah timing, terkait kapan waktu yang tepat untuk melakukan norma tersebut. Selanjutnya tentu saat akan melakukan koordinasi dengan stakeholder lainnya, terutama saat menerapkan normal yang berada di lapangan nanti tentu dibantu oleh TNI, Polri, Pol PP untuk pelaksanaan new normalnya.

“Dan yang terakhir tentu kita harus melakukan evaluasi secara rutin untuk melihat bagaimana perkembangan kasus Covid-19 yang ada di provinsi Lampung. apakah tatanan hidup normal ini perlu kita lakukan terus atau kita lakukan juga suatu pemilihan yang mungkin agak sedikit dikurangi,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi