oleh

Ukir Sejarah, Koprasi TKBM Pelabuhan Panjang Adakan Ambulans

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai bentuk kepedulian tehadap jaminan kesehatan juga rasa aman dan nyaman pekerja, utamanya terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Koperasi Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Panjang mengadakan satu unit ambulans. Nantinya, ambulans tersebut diperuntukkan bagi buruh yang mebutuhkan pertolongan kesehatan atau mengalami kecelakaan kerja.

Bahkan, Ketua Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang Agus Sujatma menyatakan, ambulans itu juga bisa untuk melayani warga sekitar kantor TKBM Pelabuhan Panjang yang membutuhkan.

’’Adanya ambulans ini tidak lain demi memberi pelayanan kesehatan bagi buruh. Kita tidak berharap ada kecelakaan kerja, namun ini bentuk kesiapan kita dalam melayani buruh. Jangan sampai ketika ada buruh yang tertimpa musibah, kita masih sibuk cari angkutan,” ujarnya seusai penyerahan kendaraan ambulans di kantor Koperasi TKBM Pelabuhan Panjang, Senin (15/6).

Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Koperasi Bandarlampung Girendra, Kadisnaker Bandarlampung Wan Abdurrahman, Kabid Lalulintas Kesyahbandaraan dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Panjang Hot Marojahan, Ketua SPTI Bandarlampung Ghozali dan lainnya.

Agus yang juga mantan anggota DPRD Bandarlampung itu menuturkan, pihaknya banyak berbenah dalam penataan tatanan koperasi TKBM. Banyak pula trobosan yang akan dan sudah dilakukannya.

’’Jadi kedepan akan ada program bea siswa pendidikan kepada anak buruh yang ingin mengikuti kuliah di Universitas Muhammadiah Lampung (UML). Lalu pembanguan 200 unit perumahan buruh per tahun. Juga ada pemotongan hewan qurban dan lainnya.

Sementara, lanjut dia, sejumlah program yang sudah dijalankan antara lain penataan pengurus dan penataan kesejahteraan anggota. ’’Selaku ketua koperasi, saya tidak lepas dari bimbingan para pembina, ini sudah ada ambulans, walaupun ini kami dapat nyicil. Tapi bagi saya tanggungjawab memanusiawikan anggota itu yang lebih penting,” bebernya.

Menyinggung bahwasanya ambulans ini kedepan boleh digunakan masyarakat sekitar kantor TKBM secara gratis, menurutnya dapat menghubungi kontak 081273478501. ’’Ketika ada warga sekitar kantor yang menghubungi, secepatnya ambulans akan meluncur,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Disnaker Bandarlampung Wan Abdurrahman menjelaskan, pihaknya siap memberikan pembinaan kepada pegurus koperasi TKBM Pelabuhan Panjang.

’’Pertemuan ini jadi langkah awal salam pembinaan koperasi. Niat baik pengurus meyediakan pelayanan terbaik untuk anggota koperasi TKBM ini semoga bisa berjalan dan bisa oprasional dengan baik. Kami apresiasi dan ucapkan terimakasih atas langkah yang dilakukan seperti adanya pelayanan ambulans untuk buruh ini,” ujarnya.

Sementara, Kabid Lalulintas KSOP Panjang Hot Marojahan mengatakan, ini adalah sejarah yang diukir koperasi TKBM Pelabuhan Panjang. Terlebih ini menurutnya merupakan capaian program kerja yang bersentuhan langsung dengan anggota. ’’Yang pasti K3 harus jadi prioritas yang wajib dikedepankan. Karena itu jaminan keselamatan dan kesehatan pekerja wajib disiapkan,” pesannya.

Terkait pembinaan, menurutnya pihak KSOP akan terus memberikan arahan. ’’Dan yang namanya arahan harus dua arah, sehingga seimbang pembinaannya. Dan terakhir adalah feedback dari TKBM itu sendiri, yakini bagaimana bekerja lebih safety, sehingga buruh bekerja dengan aman dan nyaman,” pungkasnya. (rls/sur)

Komentar

Rekomendasi