oleh

Pemkab Pesawaran Refocusing Anggaran untuk Tambahan Pilkada

radarlampung.co.id – Sambil menunggu petunjuk teknis PKPU, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pesawaran melakukan refocusing dan efisiensi untuk tambahan anggaran pilkada.

“Saat ini kita masih menunggu juknis. Secara umum KPU sudah menyampaikan usulan anggaran tambahan untuk Pilkada,” kata Kepala BPKAD Pesawaran Yoda Rizal, Selasa (16/6).

Menurut Yosa, berdasar Permendagri Nomor 41, untuk kesiapan anggaran penunjang protokol kesehatan selama tahapan pemilu akan dibantu melalui anggaran pemerintah pusat.

Pemkab Pesawaran sudah mengusulkan tambahan ke pemerintah pusat sekitar Rp4,9 miliar lebih.

“Untuk logistik seperti TPS tambahan dan lainnya diperkirakan sekitar Rp2 miliar, dukungan dari APBD kita,” urainya.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berupaya mencarikan anggaran tambahan yang diajukan KPU setempat untuk pelaksanaan pilkada Desember mendatang. Sumbernya dari refocusing maupun efisiensi anggaran.

“Kami sedang berupaya mencari penambahan anggaran NPHD. Baik KPU, maupun Bawaslu, termasuk keamanan. Kami juga sedang konsultasi ke atas. Karena anggaran belum re-fiks. Apakah dibebankan semua ke daerah atau ada subsidi dari pemerintah pusat,” kata Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Senin (15/6).

Dendi mengungkapkan, ia sudah berkomunikasi dengan anggota Komisi II DPR RI terkait teknis dan mekanisme penambahan anggaran pilkada.

“Saya komunikasikan dengan anggota Komisi II (DPR RI), mereka sedang mengupayakan fasilitas kesehatan disiapkan oleh KPU pusat. Sedangkan teknis seperti logistik dibebankan kepada daerah. Tapi kita sedang mengupayakan mencari anggaran Rp4 miliar itu melalui refocusing, efisiensi dan lainnya,” sebut dia. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi