oleh

Disdukcapil Tubaba Layani Adminduk Langsung ke Rumah Warga

radarlampung.co.id-Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat terus berupaya meningkatkan pelayanan administrasi dukcapil (Adminduk Capil) bagi masyarakat di daerah setempat. Dan kali ini, pelayanan dilakukan dengan cara door to door (dari rumah ke rumah). Sasarannya adalah masyarakat rentan adminduk. Khususnya para lansia, Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), serta warga difabel dan disabilitas.

Kepala Disdukcapil Tubaba Drs. Ahmad Hariyanto, MM, mengatakan, masyarakat rentan adminduk juga tentu membutuhkan adminduk namun untuk mendapatkannya seringkali terhambat. Penyebabnya  karena mengalami kondisi tertentu yang menyebabkannya tidak bisa datang langsung ke kantor pelayanan Disdukcapil.

“Nah, door to door ini adalah untuk menjangkau itu, sebab Disdukcapil terus berupaya agar seluruh warga masyarakat di daerah ini taat adminduk,”ungkapnya, Rabu (17/6).

Menurutnya, tanpa adanya adminduk, masyarakat akan kesulitan mengakses layanan publik, termasuk bagi mereka yang masuk kategori rentan adminduk. Sementara dalam kondisi tertentu, adminduk menjadi keharusan atau salah satu syarat yang diperlukan.

“Contohnya saja untuk mengurus persyaratan layanan BPJS. Makanya, layanan tersebut kami prioritaskan untuk warga rentan adminduk, sebab suatu saat tak menutup kemungkinan akan sangat dibutuhkan mereka. Artinya, ketika dibutuhkan adminduknya sudah siap,” ulasnya.

Untuk memaksimalkan layanan door to door itu, pihaknya berharap dukungan dari semua pihak. Terutama aparatur tiyuh khususnya dalam hal informasi keberadaan masyarakat rentan adminduk tersebut.

“Lansia, difabel dan disabilitas akan kita datangi langsung ke rumahnya. Termasuk ODGJ juga akan kita berikan adminduk, baik KTP maupun KK tapi tentunya dengan didampingi pihak keluarga dan aparatur tiyuh setempat. Untuk itu, informasi masyarakat juga sangat dibutuhkan agar pelayanan berjalan maksimal,” tandasnya.

Selain bermaksud memudahkan masyarakat dalam mendapatkan bukti sah administrasi kependudukan tersebut, pelayanan door to door juga untuk menghindari adanya penumpukan warga di kantor Disdukcapil  Tubaba, mengingat saat ini masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang menuntut kita untuk mematuhi aturan-aturan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi