oleh

Tingkatkan Kualitas Kopi, Gubernur Minta Petani Terapkan Petik Merah

radarlampung.co.id – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kecamatan Ulubelu, Tanggamus, Kamis (18/6). Ia disambut Bupati Dewi Handajani, Sekretaris Kabupaten Hamid H. Lubis, Wakil Ketua DPRD Tedi Kurniawan, GM Pertamina Geothermal Energy Ulubelu dan sejumlah kepala OPD.

Mengawali kunjungan, Arinal bertemu dan berdialog dengan komunitas petani kopi Belu Pekon Sukamaju. Salah satunya membahas peningkatan produktivitas kopi agar dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan petani.

Arinal juga meminta agar petani tidak buru-buru memanen atau saat kopi belum sepenuhnya merah. “Jadi, panennya saat biji kopi merah semua ya. Jangan masih hijau, sudah dipanen. Itulah yang menyebabkan kualitasnya tidak bagus,” kata Arinal.

Menurut dia, dengan cara petik merah dan pengolahan pasca panen yang baik, maka hasilnya akan maksimal.

“Coba kalau pas merah dipetik dan pengolahan pasca panennya bagus, pasti hasilnya bagus. Harga juga tinggi,” tegas Arinal.

Usai bertemu dan berdialog dengan petani, gubernur, bupati dan rombongan melanjutkan kunjungan ke PT Pertamina Geothermal Energy. Pertemuan dibatasi untuk awak media mengingat harus menerapkan protokol kesehatan.

Komentar

Rekomendasi