oleh

Perguruan Tinggi Belum Bisa Tatap Muka, Sejumlah PT di Lampung Manut

RADARLAMPUNG.CO.ID – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI masih tidak memperkenankan perguruan tinggi di semua zona untuk mengadakan perkuliahan tatap muka. Hal tersebut dikatakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim saat konferensi video Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru di Masa Pandemi Covid-19, Senin (15/6) lalu.

Rektor IIB Darmajaya Dr. (Can) Ir. H. Firmansyah YA, M.B.A., M.Sc., mengatakan, pihaknya akan mengikuti kebijakan tersebut. Sebelum adanya arahan dari Mendikbud tersebut, pihaknya berencana membuka perkuliahan untuk praktikum pada Juli mendatang, namun telah ada kebijakan untuk tetap melaksanakan perkuliahan daring, pihaknya pun menawarkan solusi untuk beberapa mata kuliah praktik.

“Tapi ada beberapa solusi yang kita tawarkan, karena praktikum ini kan bukan perkara yang mudah untuk dipelajari secara daring. Jadi, pada semester yang akan datang jika sudah diizinkan untuk tatap muka, bebarapa mata kuliah praktik ini akan kita ulang kembali meskipun nilainya sudah keluar. Karena ini untuk meningkatkan kompetensi mereka,” jelasnya, Kamis (18/6).

Dikatakannya, untuk kuliah teori, pihaknya memastikan tidak akan ada kesulitan yang terjadi. Termasuk nanti bagi mahasiswa baru. Mahasiswa baru tetap akan diberikan perkuliahan secara daring.

“Kita akan sampaikan pada saat mahasiswa baru mendaftar. Bahwa ada arahan dari Mendikbud perkuliahan tidak bisa dilakukan secara tatap muka. Namun, meskipun begitu, kami akan memastikan kualitas pembelajaran tidak berkurang,” katanya.

Terpisah, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr. HM. Nasrulah Yusuf mengatakan, pihaknya juga akan tetap mengikuti arahan tersebut. Menurutnya, Teknokrat sudah lama melakukan pembelajaran daring. Teknokrat juga telah menerapkan blended learning, perkuliahan sebagian online dan sebagian tatap muka.

“Sekarang hanya melanjutkan saja,” ucapnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi