oleh

Undang Diskes, Komisi IV DPRD Pringsewu Bahas Keberadaan Pustu

radarlampung.co.id – Komisi IV DPRD Pringsewu mengagendakan pertemuan dengan Dinas Kesehatan setempat. Selain evaluasi keberadaan puskesmas pembantu (Pustu), juga dibahas persoalan lain.

“Berdasar hasil kunjungan lapangan, kami mengundang Dinas Kesehatan berkaitan dengan masalah yang ada,” kata Ketua Komisi IV DPRD Pringsewu Suryo Cahyono.

Menurut dia, sejumlah hal akan menjadi masukan bagi Diskes Pringsewu. Termasuk keberadaan beberapa Pustu dan Poskesdes hingga MCK tidak berfungsi.

“Ini sangat mengganggu pelayanan masyarakat,” tegasnya.

Kemudian, dalam masa pandemi virus Corona, petugas medis di Pustu dan Poskesdes harus dilengkapi sarana pendukung.

“Ada Poskesdes tidak dibekali thermogun. Padahal di masa pandemi virus Corona, mereka adalah ujung tombak dalam melayani masyarakat,” sebut dia.

Diketahui, keberadaan puskesmas pembantu (Pustu) dinilai tidak efektif lagi. Karena itu, Komisi IV DPRD Pringsewu meminta Dinas Kesehatan untuk melakukan evaluasi.

“Banyak permasalahan di puskesmas pembantu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Pringsewu Suryo Cahyono.

Menurut dia, dari awal pembangunan, ada beberapa puskesmas pembantu tidak digunakan sebagaimana mestinya.

“Artinya Pustu sepertinya sudah tidak efektif. Sebab sudah ada pos kesehatan desa. Karena itu kami harap Dinas Kesehatan mengevaluasi,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Suryo juga menyarankan Dinas Kesehatan memaksimalkan Poskesdes dengan menambah fasilitas pelayanan dan obat-obatan. (sag/ais)

Komentar

Rekomendasi