oleh

Waspada Dampak Hidrometeorologi!

radarlampung.co.id – Peringatan dini terkait cuaca ekstrem dikeluarkan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung. Masyarakat diminta berhati-hati dan selalu waspada terhadap dampak intensitas hujan lebat.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, BMKG pusat telah mengeluarkan peringatan dini untuk beberapa wilayah di Indonesia. Termasuk Lampung.

“Sirkulasi siklonik yang terpantau di Samudera Hindia Barat Sumatera membentuk konvergensi memanjang dari Sumatera Barat hingga Samudera Hindia Barat Sumatera dan sirkulasi siklonik lainnya juga terpantau di Utara,” kata Rudy, Kamis (18/6).

Belum lagi Kalimantan yang membentuk konvergensi memanjang dari Laut Natuna hingga Utara Kalimantan Utara. Kemudian dari Kalimantan Selatan hingga Kalimantan Barat bagian Utara dan mampu menginduksi kecepatan angin di sekitarnya (low level jet) mencapai >25 kt. Yaitu di Laut Banda bagian Selatan dan Laut Arafuru bagian Utara.

“Kondisi ini dapat meningkatkan pertumbuhan awan di sekitar wilayah sirkulasi dan konvergensi tersebut. Meningkatkan ketinggian gelombang di perairan laut Banda, laut Maluku dan laut Timor.

Daerah perlambatan kecepatan konvergensi juga teramati memanjang dari Sumatera Utara hingga Malaysia. Dari Jawa Tengah hingga Sumatera Selatan, Maluku hingga Sulawesi Tengah dan Papua. Kondisi ini memberikan potensi pembentukan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

“Untuk itu diimbau agar masyarakat mewaspadai potensi dampak bahaya hidrometeorologi (genangan air, banjir, longsor, angin kencang, kilat atau petir) yang mungkin terjadi akibat intensitas curah hujan tinggi pada 18-20 juni mendatang,” urainya.

Dilanjutkan, Lampung termasuk wilayah yang patut diwaspadai di antara 12 provinsi.

Untuk dua hari ke depan, hujan deras juga masih turun di wilayah Lampung Selatan, Tanggamus, Pesisir Barat, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Barat, Waykanan, Lampung Tengah, Lampung Utara, Metro Lampung Timur, dan Bandarlampung. “Dari pagi hingga siang hari,” tandasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi