oleh

Perbanyak Alat Tes Guna Deteksi Lebih Cepat

radarlampung.co.id-Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung memperbanyak alat tes guna mempercepat penanganan Covid-19 di Lampung.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Reihana dalam pers rilisnya Kamis (18/6) mengatakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) di Labkesda Provinsi Lampung telah melakukan tes pada 1682 swab dari seluruh provinsi Lampung.

“Pemeriksaan swab di Labkesda 1682 swab dari 15 kabupaten/kota se Provinsi Lampung, dari total itu yang positif 101 spesimen, negatif 1581 spesimen,” beber Reihana.

Selain itu, untuk mendiagnosa pasien Covid-19 juga Pemprov Lampung menggunakan alat TCM (Tes cepat molekuler) yang ditempatkan di tiga titik. Pertama Pringsewu, Tulangbawang dan Metro.

“Alat ini bsa membantu mendiagnosa swab PDP apakah positif atau tidak. Saat ini di TCM di RS Menggala 35 pemeriksaan hasilnya negatif, Metro juga melakukan pemeriksaan 30 pemeriksaan hasilnya negatif. Tentu hasilnya bisa cepat dan beberapa tempat agar bisa diketahui kondisi pasien Covid-19 baik positif dan negatif,” tambahnya.

Reihana menambahkan, TCM ini diutamakan mendeteksi pasien Tuberkolosis (TB). Namun karena pandemi dan presiden menginginkan cepat pemeriksaan laboratorium jadi bisa dilakukan install untuk memeriksa swab. “Ada juga alat pemeriksa HIV AIDS, viroload tapi sekarang proses install untuk tes Covid-19. Jadi TCM ada di tiga tempat sudah jalan Metro dan Menggala. Pringsewu ada yang belum selesai. Pembagian itu dilakukan agar lokasi tes dengan kabupaten/kota sekitar tidak jauh sehingga penanganannya cepat,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi