oleh

Jelang Verifikasi Faktual, KPU Kota Rapid Test Massal

radarlampung.co.id – Rapid tes massal dilaksanakan KPU Kota Bandarlampung secara serentak hari ini (22/6) hingga besok. Seluruh jajaran KPU, PPK, PPS dan sekretariat menerima layanan rapid test di 31 puskesmas se bandarlmpung.

Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan, KPU Jota Bandarlampung, Fery Triatmojo mengatakanrapid tes yang dilaksanakannya merupakan bagian dari persiapan tahapan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan. “PPS wajib menjalani rapid test sebelum kontak langsung dengan para pendukung yang akan diverifikasi”, katanya.

Dijadwalkan, Ketua KPU Kota Bandarlampung dan komisoner lainnya akan melakukan rapid test di Puskesmas Permata, Sukarame.

Sekretaris KPU Kota Bandarlampung, Suprihatin menyampaikan bahwa Dinas kesehatan telah menyiapkan petugas seluruh tempat tes. “petugas menggunakan baju hasmat dan APD lengkap saat pengambilan sampel tes”, ujarnya.

Diketahui, ada 984 orang penyelenggara Pilkada di jajaran KPU Kota Bandarlampung akan menjalani rapid tes. Hal ini juga dilakukan lantaran pihaknya sudah melakukan rakor bersama Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu. Turut hadir dalam rapat kordinasi tersebut, anggota Ketua Divisi SDM KPU Kota, Hamami didampingi sekretaris KPU, Suprihatin. Rapat kordinasi dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan setempat, Edwin Rusli.

“Selain rapid test, disepakati pula jadwal penyerahan perlengkapan APD bagi KPU dan Bawaslu” ungkap Fery.

Rapid test juga akan diberlakukan bagi Petugas Pemutahiran Daftar Pemilih (PPDP) dan seluruh anggota KPPS. Hamami menjelaskan bahwa pelaksanaan rapid tes dan penyediaan APD bagi penyelenggara pilkada adalah bersifat wajib. “Adanya rapid tes dan APD menjadi prasyarat pelaksanaan pilkada yang sesuai protokol kesehatan, ” tegasnya. (abd/rls)

Komentar

Rekomendasi