oleh

44 Tiyuh di Tubaba Belum Salurkan BLT-DD Periode Juni, Iwan : Segera Dalam Waktu Dekat

radarlampung.co.id-Meski saat ini sudah menjelang akhir bulan Juni, namun masih ada tiyuh di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung yang belum menyalurkan Bantuan Langsung Tunai melalui Dana Desa (BLT-DD) untuk periode Juni.
Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Tiyuh (DPMT) Kabupaten Tubaba mencatat, ada 44 tiyuh yang belum melaksanakan itu. Kendala utamanya adalah ketersediaan dana.

Untuk diketahui, BLT-DD merupakan bantuan sosial yang diberikan guna menyikapi dampak pandemi Virus Corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), yang disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) selama 3 (tiga) bulan terhitung sejak April hingga Juni 2020 dengan besaran perbulan Rp600 ribu per keluarga. Di Tubaba sendiri, ada sebanyak 10.246 KPM, tersebar di 93 tiyuh.

“Tiyuh-tiyuh yang belum ini masih menunggu pencairan DD yang 10 persen. Tapi dalam waktu dekat akan segera tersalurkan, karena untuk pencairan DD tersebut proses administrasinya sudah selesai hanya tinggal menunggu transfer dari KPPN (Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara),”ungkap Iwan Setiawan, SH, MH, Kabid Pemberdayaan Aparatur Pemerintahan Tiyuh.

Sementara terkait kebijakan pemerintah pusat melanjutkan penyaluran BLT-DD untuk 3 (tiga) bulan selanjutnya, periode Juli-September dengan besaran perbulan Rp300 ribu per KPM, pihaknya belum bisa memastikan apakah kebijakan itu dapat dilaksanakan di Tubaba atau tidak. Sebab menurutnya, untuk melaksanakannya harus melihat kondisi keuangan tiyuh, apakah siap atau tidak untuk melanjutkan penyaluran BLT-DD tambahan tersebut.”Untuk yang penambahan tersebut, kita masih mau rapat tim kabupaten dulu sekaligus kita verifikasi data kesiapan keuangan tiyuh,”ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, mengingat di Permendes PDTT Nomor 7 Tahun 2020 tentang Perubahan Kedua atas Permendes PDTT Nomor 11 Tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020 disebutkan bahwa bisa tidak melakukan perpanjangan BLT apabila dana tidak mencukupi.”Yang jelas, tugas utama kita saat ini adalah memastikan BLT periode April-Juni disalurkan oleh tiyuh, Sedangkan untuk kelanjutannya masih akan melihat kondisi keuangan tiyuh dan ini akan segera kami rapatkan dengan tim,”pungkasnya. (fei/rnn)

Komentar

Rekomendasi