oleh

Verifikasi Faktual PPDB, Tak Punya Gadget, Ortu Bisa ke Sekolah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bandarlampung akan melakukan verifikasi faktual terhadap calon siswa jenjang SMP yang diterima di masing-masing sekolah.

Pelaksana kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Disdikbud Evan Toera mengatakan, sekolah akan melakukan verifikasi faktual terhadap keabsahan dokumen yang diberikan untuk pendaftaran.

“Jika mencurigakan, ya kita akan verifikasi faktual dengan mendatangi rumah calon siswa, atau minta membawa dokumen yang asli,” ujarnya, Kamis (25/6).

Dikatakannya, pendaftaran PPDB dilakukan secara online dan semi online. Di mana, jalur zonasi reguler dan perpindahan orang tua melalui online.

“Karena biling dan prestasi kan harus kita lihat berkasnya secara langsung. Terlebih jika ada wali murid yang memang tidak memiliki gadget. Jadi nanti mereka datang membawa berkas yang diperlukan, antar ke sekolah. Nanti pihak sekolah yang akan menginput ke sistem. Tapi secara teknis ke masing-masing sekolah,” jelasnya.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 2 Bandarlampung M. Badrun menambahkan, pendaftaran PPDB jenjang SMP tahun ajaran 2020/2021 jalur afirmasi atau bina lingkungan dan jalur prestasi serta jalur anak kandung GTK dilakukan semi online dengan mengirimkan semua berkas pendaftaran melalui nomor whatsapp operator masing-masing sekolah.

“Pada prinsipnya semua menggunakan whatsapp untuk pendaftaran jalur biling, prestasi dan anak kandung guru dan tenaga kependidikan. Namun, jika ada orang tua yang mungkin tidak memiliki gadget, atau bingung bisa datang ke sekolah dengan membawa semua persyaratan yang diminta. Nanti akan ada panitia yang siap melayani, panitia juga yang akan menginput data ke sistem,” terangnya.

Di sekolah pun, lanjutnya, untuk antisipasi orang tua calon siswa datang untuk mendaftar, pihak sekolah tetap memberlakukan protokol kesehatan covid-19.

“Tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Nanti akan diatur orang tua siswa yang datang. Karena kan tidak semua, pasti ada yang sudah mendaftar melalui whatsapp. Ini hanya yang orang tuanya tidak mengerti, bingung ataupun yang tidak memiliki gadget, silahkan datang ke sekolah yang terdekat dari tempat tinggalnya,” ungkap Ketua MKKS SMP Kota Bandarlampung tersebut.

Pendaftaran PPDB jenjang SMP di Bandarlampung akan berlangsung pada 29 Juni-2 Juli untuk pendaftaran jalur afirmasi/bina lingkungan, prestasi dan anak GTK. Pengumuman pada 6 Juli. Sementara, pendaftaran jalur zonasi dan perpindahan orang tua pada 6–8 Juli, dan pengumuman pada 9 Juli. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi