oleh

Sebanyak 271 KPM Desa Sukajaya Lempasing Terima BLT DD

radarlampung.co.id – Sebanyak 271 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Desa Sukajaya Lempasing, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, menerima buku rekening yang merupakan realisasi dari Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa (DD) tahun 2020. Kegiatan penyaluran dana BLT DD tersebut dilaksanakan di Kantor Balai Desa setempat, Sabtu (27/6).

Kepala Desa Sukajaya Lempasing, Ahmad Zaenuri, SPd, M.PdI mengatakan, para penerima BLT DD di Desa Sukajaya Lempasing itu benar-benar layak menerima bantuan.

“Kita telah mengkaji pendefinisian miskin dalam 14 kriteria atau 9 kriteria hingga 7 kriteria yang masuk bantuan dan itu telah disahkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Pesawaran Nomor 231/IV.15/HK 2020, sebagaimana dari rekomendasi Camat Teluk Pandan,” ujar Zaenuri.

Dikatakannya, penetapan para penerima bantuan telah melalui proses yang panjang sebagaimana sasaran penerima BLT DD itu tertuang dalam Surat Edaran Bupati Pesawaran Nomor : 440/1831/IV.15/2020 Tentang BLT Dana Desa, yang telah terbit tertanggal 15 April 2020, merujuk pada dasar Peraturan Menteri Desa, PDTT Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Desa PDTT Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020, dan Surat Menteri Desa, PDTT Nomor 1261/PRI.00/IV/2020 tentang Pemberitahuan.

“Termasuk dasar surat Edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2020 tanggal 24 Maret 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai Desa. Jadi ketentuan dan mekanisme pendataan hingga pelaksanaan pemberian BLT DD itu tercantum dalam peraturan tersebut yang telah dialokasikan dari sumber dana desa tahun 2020,” jelas Zaenuri.

Untuk itu, sambung Zaenuri, pihaknya menepis bahkan meluruskan kabar tak sedap tentang kesimpangsiuran penetapan penerima BLT DD di Desa Sukajaya Lempasing, karena itu bukan kemauan Kades, bukan penetapan Kadus maupun pak RT, tapi regulasi yang mengatur hal tersebut.

“Maka Tim Desa dipimpin Ketua BPD bekerja secara door to door memverifikasi data penerima BLT DD yang diajukan 500 lebih dari RT, karena regulasi (peraturan, red) tersebut menyasar penerima BLT warga miskin sesuai 14 kriteria dalam aturan tersebut,” ujarnya.

Lebih dari itu, lanjut Dia, ditambah keterbatasan Dana Desa maka verifikasi faktual ditetapkan 271 KK sesuai 14 kriteria, jadi itupun semua terlibat dalam penetapan, melalui Musyawarah Khusus Desa (Muskhusdes) hingga kini telah disahkan oleh pemerintah daerah.

Lebih lanjut, Kades Zaenuri menjelaskan, dengan adanya BLT DD ini sudah barang tentu tidak ada lagi realisasi pembangunan di tahun 2020. Saat ini, Desa Sukajaya Lempasing mendapat alokasi Dana Desa sekitar Rp1,4 Miliar, sana tersebut pada tahap pertama sebesar 40% dialokasikan untuk pembangunan fisik. Sedangkan sisanya tahap kedua 35% untuk BLT DD dan tahap ketiga 25% juga untuk BLT DD.

“Hal ini yang perlu dipahami agar jangan sampai ketika tidak ada pembangunan menjadi bahan pertanyaan lagi bagi bapak/ibu. Jadi semua pembangunan/fisik di Desa Sukajaya Lempasing sudah kami alihkan ke BLT DD tahun 2020, terkecuali tahap I itu sudah kami buktikan, tetapi tahap II dan III tidak lagi membangun fisik yang mana dananya sudah bapak/ibu terima sesuai 14 kriteria,” bebernya.

Ia juga mengingatkan kepada penerima BLT DD bahwa dana yang diterima pada tahap I ini memang tidak seberapa jumlahnya. Sementara dana tahap II dan tahap III terjadi keterlambatan karena padat dan banyaknya pihak Bank melayani administrasi bukan hanya Desa Sukajaya Lempasing  saja.

“Desa lain pun sama mengantri pembuatan
buku rekening dalam penyaluran program tersebut, syukur alhamdulillah  BLT DD di Desa Sukajaya Lempasing nanti Senin lusa (29/6) bisa dicairkan ke BRI unit Padang Cermin, dimana pada hari ini pembagian buku rekening disaksikan pihak Pemkab Pesawaran mewakili Bupati Dendi yakni Kadis PMD Pesawaran Zuriadi, Camat Teluk  Pandan Zulkifli Nuh, Ketua Pendamping Desa Kecamatan Teluk Pandan Irma Damayanti, Babinsa Hendarwis, Babinkamtibmas dan Tim Pemkab Pesawaran bersama pihak BRI unit Padang Cermin,” jelasnya.

Maka dari itu, lanjut Kades menyampaikan terima kasih dan apresiasi atas terlaksananya program KPM BLT DD di Desa Sukajaya Lempasing berjalan baik dan lancar, tentunya berkat dukungan dan kerjasama dari semua pihak aparatur desa, BPD, masyarakat dan para tokoh yang ada di Desa Sukajaya Lempasing.

“Kerjasama ini pun atas didukung Pemkab Pesawaran, yakni dalam hal ini Bapak Bupati Dendi Ramadhona, Dinas PMD beserta pihak kecamatan Teluk Pandan, serta BRI dan masyarakat, sehingga program tersebut tepat sasaran,” ungkapnya.

Meski demikian, tambah Zaenuri, kepada penerima KPM BLT DD, khususnya 271 KK Desa Sukajaya Lempasing setelah menerima buku rekening yang akan dicairkan ke BRI pada Senin lusa (29/6) pergunakan sebaik mungkin untuk keluarga.

“jangan dilihat nilainya pada pencairan tahap pertama (I) ini senilai Rp600.000, pergunakan yang bermanfaat, jangan buat keperluan kredit tapi bermanfaat buat penuhi kebutuhan pokok keluarga di rumah,” tutupnya. (gie/rls/yud)

Komentar

Rekomendasi