oleh

Kecamatan Pagelaran Utara Sasaran TMMD

UNTUK memajukan Pringsewu, pemerintah kabupaten (pemkab) bersinergi dan melakukan berbagai kegiatan bersama elemen terkait lainnya. Seperti program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-108 yang dilaksanakan Kodim 0424/Tanggamus di Pekon Waykunyir dan Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara, Pringsewu.

Pembukaan ditandai dengan prosesi pemotongan tumpeng oleh Wakil Bupati (Wabup) Pringsewu Hi. Fauzi yang kemudian diserahkan kepada Dandim 0424 Letkol Infanteri Arman Aris Sallo serta perwakilan warga penghibah lahan yang dijadikan jalan.

Sedangkan untuk penandatanganan dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD ke-108 ini sendiri, sebelumnya dilaksanakan di Aula Utama Kantor Pemkab Pringsewu oleh Bupati Pringsewu Hi. Sujadi dan Dandim 0424/TGM.

Pada kesempatan tersebut, Fauzi didampingi Dandim dan jajaran pemkab serta kodim dan muspida meninjau Posko TMMD. Di kesempatan itu ia juga meninjau lokasi pembangunan jalan dan jembatan penghubung kedua desa dan melakukan peletakan batu pertama.

Wabup Hi. Fauzi bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Irwan. FOTO ISTIMEWA

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan melalui TMMD ke-108 tersebut, diantaranya adalah pembukaan badan jalan tembus antara Way Kunyir hingga Gunung Raya, onderlagh, pembangunan gorong-gorong plat decker, gorong-gorong bius beton, jembatan, pelebaran badan jalan, perkerasan agregat kelas C, serta bedah rumah dan mushola, juga kegiatan non-fisik seperti penyuluhan Wawasan Kebangsaan, bahaya narkoba, hukum dan kamtibmas dan penyuluhan bela negara, serta sosialisasi pencegahan Covid-19. Turut serta bakti sosial pembagian sembako bagi warga tidak mampu.

Fauzi  berterima kasih kepada Kodim 0424 semua pihak yang terlibat dalam TMMD ke-108 , juga kepada warga yang telah rela menghibahkan tanahnya bagi kepentingan umum.

Sementara itu, Dandim 0424/TGM Letkol Infanteri Arman Aris Sallo mengatakan TMMD merupakan program Mabes TNI, dimana sasaran lokasi yang dipilih adalah desa yang tertinggal dengan harapan kedepannya desa tersebut akan berkembang, maju dan mandiri serta tangguh. Arman juga meminta kerjasama semua pihak agar TMMD ini berjalan sukses, sebagaimana tema yang diusung yakni ‘TMMD  Pengabdian Untuk Negeri’.

Fauzi saat meninjau pembangunan jalan program TMMD di Pekon Waykunyir dan Gunungraya, Kecamatan Pagelaran Utara. FOTO ISTIMEWA

Sementara itu di bidang pembinaan keluarga dengan menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 Tahun 2020 Tingkat Kabupaten Pringsewu. Pada kesempatan tersebut juga diserahkan piala dan hadiah juara lomba pekon tahun 2020 tingkat kabupaten Pringsewu, serta juara lomba pekon pelaksana terbaik bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) Tahun 2020 Pringsewu.

Kemudian sejumlah juara lomba serta penghargaan lainnya, juga penandatanganan prasasti peringatan Harganas. Sebagai juara pertama lomba pekon adalah Pekon Bumiratu, Kecamatan Pagelaran. Sedangkan pekon pelaksana terbaik bulan bakti gotong royong masyarakat, juara pertama Pekon Mulyorejo, Kecamatan Banyumas.

Bupati Pringsewu Hi. Sujadi yang menjadi pembina apel pada kegiatan tersebut membacakan amanat tertulis Kepala BKKBN Pusat dr.Hasto Wardoyo, Sp.OG,. Menurutnya Peringatan Harganas berperan strategis dalam membangun bangsa. Sebab, keluarga juga merupakan titik sentral dari cerminan bangsa dan negara. (adv)

Komentar

Rekomendasi