oleh

Ada Perbaikan Jalan Masuk TNBBS, Gubernur : Jangan Ganggu Keaslian Hutan

radarlampung.co.id-Balai Pengelola Jalan Nasional (BPJN) Lampung bakal melakukan perbaikan jalan diantaranya masuk kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS).

Guna memulai perbaikan jalan, BPJN melakukan koordinasi bersama Gubernur Lampung Arinal Djunaidi agar perbaikan jalan dapat cepat terlaksana. Hal ini diungkapkan Kepala BPJN Lampung Ririen Marlita yang ditemui usai menggelar audensi bersama Gubernur Lampung di Kantor Gubernur Lampung.

“(Pertemuan ini) sebenarnya nggak ada masalah, hanya ada penanganan jalan di lintas timur di kawasan TNBBS. Nah kemudian harus berkoordinasi dengan pengelola dan perjanjian kerjasama sudah dibuat. Insyaallah penangananya agar cepat terlaksana,” beber beber Ririen.

Dia melanjutkan, untuk upaya penanganan di titik-titik yang longsor nantinya dilakukan dengan berbagai macam bentuk konstruksi. “Namun kita juga gunakan berbagai metode untuk menjaga kawasan hijau dengan menanam tanaman. Dengan pertemuan ini, ya kami harapkan penanganan longsor di ruas-ruas jalan tadi bisa cepat dilaksanakan. Untuk sementara karena longsor kita tangani dulu, tapi kita lihat kedepannya,” lanjutnya.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan koordinasi yang digelar bersama BPJN Lampung ini tak lain terkait perbaikan jalan yang akan dilakukan masuk wilayah TNBBS. Karena tentunya ada hal-hal yang diperlukan dalam melakukan perbaikan jalan ini.

“Tadi rapat koordinasi dengan BPJN Lampung yang perbaikan jalannya masuk wilayah Taman nasional (TNBBS), tentunya taman nasional tidak mudah dan tidak sembarang memberikan perizinan tanpa persetujuan kementerian. Maka saya melakukan inisiatif agar taman nasional fungsinya tetap berjalan tapi balai nasional bisa memfungsikan kepentingan rakyat antar provinsi antar kabupaten bisa berjalan baik tanpa mengganggu fungsi taman nasional,” beber Arinal.

Dia menambahkan berbagai hal harus diperhatikan dalam melakukan perbaikan jalan. Salah satunya ialah kemerdekaan satwa di TNBBS mulai gajah, badak, harimau, rusa dan lainnya tidak boleh terganggu karena jalan yang menyebabkan fungsinya berkurang.

“Maka kami sedang atur supaya jalan bagus dan lingkungan tetap kita laksanakan. Karena taman nasional tetap penuh pada aturan dan bisa mempertahankan fungsinya di Lampung,” lanjut Arinal.

Ditambahkan Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Provinsi Lampung Mulyadi Irsan, perbaikan jalan yang rencananya dilaksanakan dan masuk program perbaikan longsor di ruas nasional mulai dari Bengkunat-Sanggi, Liwa-Gunung Kemala Krui, Krui-Pugung Tampak, di Lokasi TNBBS.

“Ya pada Prinsipnya Pak Gubernur membantu untuk segera dilaksanakan (perbaikan jalan) ini dalam rangka kelancaran transportasi dengan mengindahkan kelestarian TNBBS. Dalam artian, Tidak merusak lingkungan bahkan ikut mendorong peningkatan pelestarian hutan,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi