oleh

Siraman Meriahkan Prosesi Kenaikan Pangkat Personil Polres Lamtim

radarlampung.co.id-Hari Bhayangkara ke-74 menjadi berkah bagi puluhan personil Polres Lampung Timur.

Sebab pada puncak peringatan Hari Bhayangkara, Rabu (1/7). Sebanyak, 58 personil Polres Lamtim menerima kado kenaikan pangkat. Mereka terdiri dari pangkat Bripda ke Briptu 1 personil, Briptu ke Brigpol (4), Brigpol ke Bripka (34), Bripka ke Aipda (16) dan Aipda ke Aiptu (3).

Ada yang unik pada prosesi kenaikan pangkat para personil tersebut. Setelah upacara dilanjutkan dengan siraman kepada para personil yang naik pangkat. Siraman dilakukan oleh Kapolres dan para pejabat utama Polres Lamtim.

Kapolres Lampung Timur AKBP Wawan Setiawan mengatakan, kenaikan pangkat  setingkat bagi anggota Polri merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap periode kepangkatan.  Yaitu, setiap bulan.

Dilanjutkan, kenaikan pangkat bukan merupakan hak yang secara otomatis diterima oleh setiap anggota Polri. Namun, merupakan reward atau penghargaan setelah terlebih dahulu dilaksanakan proses penilaian berkaitan dengan jabatan yang disandang. Baik itu masa kerja, pendidikan dan persyaratan administrasi lainnya. Terutama adalah penilaian terhadap kinerja dedikasi, loyalitas dan disiplin dari yang bersangkutan.

“Melalui kenaikan pangkat ini anggota Polri dituntut untuk lebih meningkatkan profesionalisme, kinerja dan lebih utama adalah rasa tanggung jawab sesuai dengan tingkat pangkat yang disandangnya,”pesannya.

Selain itu, dengan momentum upacara kenaikan pangkat ini diharapkan dapat menambah rasa kebanggaan dan kebahagiaan dalam keluarga. Kemudian, selalu berbuat kebaikan.  “Apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini anggota Polri harus selalu memberikan rasa aman dan selalu mensosialisasikan pentingnya pola hidup sehat,” lanjutnya.

Kapolres juga berpesan untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan dan kemampuan personel serta sarana prasarana untuk mengantisipasi perkembangan situasi dan perubahan estimasi yang terjadi secara cepat.

“Tampilkan sikap yang dapat diteladani dalam ketakwaan kesederhanaan dedikasi yang tinggi dan tanggung jawab terhadap tugas serta menumbuhkan budaya melayani secara konsisten yang kuat pada norma hukum yang berlaku,”pungkasnya. (wid/wdi)

Komentar

Rekomendasi