oleh

Tim GTPP Covid-19 Pesawaran Uji Coba Pembukaan Tempat Wisata

radarlampung.co.id – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pesawaran masih melakukan uji coba pembukaan destinasi wisata dalam dua minggu ke depan. Artinya, lokasi wisata belum dibuka sepenuhnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pesawaran Elsyafri Fahrizal mengatakan, surat edaran penutupan lokasi wisata belum dicabut.

“Tempo hari, monev (monitoring dan evaluasi) yang dipimpin pak bupati di tempat wisata, masih dilakukan uji coba. Melihat kelengkapan standar umum protokol kesehatan,” kata Elsyafri Fahrizal, Jumat (3/7).

Menurut dia, kelengkapan standar umum protokol kesehatan yang harus dipenuhi para pelaku usaha tempat wisata di antaranya menggunakan masker, penyemprotan disinfektan kepada para pengunjung, menyediakan hand sanitizer dan tetap menerapkan physical distancing.

“Kalau standar protokol kesehatan semua terpenuhi, baru kita buka. Tapi tetap dimonitor terus. Terutama di bagian dalam usaha wisata. Harus ada petugas khusus yang mobile menggunakan megaphone untuk memberikan imbauan,” sebut dia.

Dilanjutkan, tim GTPP Covid-19 Pesawaran akan melakukan evaluasi secara berkala terhadap pengelola tempat wisata. Jika ditemukan pelaku usaha tidak disiplin, maka akan dievaluasi dan diberikan sanksi sesuai tingkat kesalahannya.

“Kita baru minggu pertama evaluasi. Kita akan lihat. Sepanjang mereka sudah mulai menerima kunjungan wisata, apakah sudah menerapkan disiplin protokol kesehatan atau belum. Kalau tidak mampu mengendalikan pengunjung, maka tidak kita buka,” tegasnya

Berdasarkan hasil monev, terus Elsyafri, tempat wisata Pulau Pahawang dinilai sudah siap dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Lokasi lain seperti pantai Mutun, Sari Ringgung dan Tegal Mas hampir memenuhi standar protokol kesehatan. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi