oleh

Warning! Tinggi Gelombang Bisa Mencapai Enam Meter

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait tingginya gelombang laut Jumat malam (3/7), hampir di seluruh perairan Indonesia, termasuk Barat Lampung.

Kepala BMKG Lampung Andi Cahyadi mengatakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya dari Tenggara-Barat Daya dengan kecepatan 3 sampai 20 knot. Sedangkan di wilayah selatan Indonesia, dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan 3 sampai 20 Knot.

“Kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian selatan, perairan selatan Jawa, Laut Jawa, Laut Banda dan Laut Arafuru bagian timur,” kata Andi.

Menurut dia, aktivitas angin tersebut menyebabkan tinggi gelombang di perairan barat Lampung mencapai 4-6 meter yang diprediksi bisa berakhir malam itu juga atau keesokan harinya.

“Tinggi gelombang 4-6 meter ini berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian Selatan, kemudian perairan barat Lampung,” ujarnya.

Andi mengungkapkan, hal ini menjadi  perhatian risiko tinggi, terutama terhadap keselamatan pelayaran kapal nelayan dengan menggunakan (kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m), kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 m), kapal Feri (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m).

“Untuk itu, diminta kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di daerah pesisir yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap waspada,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi