oleh

Jelang Hari Raya Idul Adha, Disnak Tubaba Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Kurban

radarlampung.co.id-Menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H, Dinas Peternakan (Disnak) Tulangbawang Barat mewanti-wanti warga agar teliti memilih hewan kurban. Disnak Tubaba juga bakal melakukan pengawasan ketat. Untuk itu, tim pemeriksa hewan kurban juga telah dibentuk.

“Kita melibatkan seluruh tenaga kesehatan hewan. Mulai dari dokter hewan, paramedis, PPL hingga petugas inseminator yang tersebar di wilayah Tubaba. Yang jelas, monitoring sudah kita mulai,”ungkap Desie Andriyani, SP, MM, Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesmavet pada Disnak Tubaba.

Tim nantinya menyasar pasar dan tempat pemotongan hewan. “Tim ini nantinya juga akan berkoordinasi dengan pihak tiyuh melalui takmir (pengurus) masjid agar pengawasan berjalan maksimal. Kita juga sekaligus akan mensosialisasikan cara pemotongan hewan kurban yang ASUH (Aman, Sehat, Utuh dan Halal), termasuk mengingatkan masyarakat tentang ciri-ciri hewan yang sehat,”ulasnya.

Pemeriksaan dan pengawasan yang akan dilakukan tersebut tidak hanya terhadap hewan kurban yang sudah dipersiapkan untuk disembelih. Tapi juga hewan kurban yang akan dijual diperiksa kesehatannya.

“Yang jelas, masyarakat harus tahu dan teliti dalam memilih hewan kurban yang memenuhi syarat dan kriteria kelayakan. Termasuk ciri-ciri hewan kurban yang sehat maupun yang menderita sakit juga harus dipahami. Artinya,  masyarakat jangan sembarangan dalam menentukan hewan kurban yang akan disembelih,” kata Desie.

Dia juga mengungkap tips memilih hewan ternak yang sehat. Yakni dilihat dari penampakannya seperti postur yang berdiri, kaki yang kuat dan bulu tubuhnya mengkilat, serta tidak ada bintik-bintik, cacat atau koreng pada tubuhnya.

“Jika ciri-ciri itu tidak terpenuhi, lebih baik mencari pilihan lainnya. Sebab, daging hewan kurban nantinya tentu akan dibagikan kepada masyarakat untuk dikonsumsi, makanya harus benar layak dan sehat agar tidak menimbulkan akibat lainnya,”pungkasnya. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi