oleh

MA Hasanuddin Luncurkan Aplikasi Penunjang Pembelajaran Daring

RADARLAMPUNG.CO.ID – Madrasah Aliyah Hasanuddin Bandarlampung meluncurkan aplikasi android. Yaitu MA Hasanuddin. Aplikasi ini dapat di-download di play store. Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu dan pelayanan sekolah atau madrasah dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, ujian, maupun hal lain terkait pendidikan dalam masa pandemic Covid-19 ini.

Kepala Madrasah Aliyah Hasanuddin M. Yusuf mengatakan, aplikasi ini diluncurkan untuk menunjang kegiatan yang ada di madrasah dalam masa pandemic Covid-19. ”Kita melihat perkembangan teknologi android saat ini dimiliki semua kalangan pelajar. Sehingga, kita buat aplikasi ini untuk menunjang kegiatan yang ada di sekolah. Dan ini sebagai langkah kita meningkatkan mutu pendidikan,” katanya, Minggu (5/7).

Ia menerangkan, dalam aplikasi tersebut, terdapat fitur yang berkaitan dengan PPDB, E-learning Madrasah, dan terkoneksi dengan media social madrasah. Dalam pelaksanaan penilaian akhir semester genap lalu, MA Hasanuddin juga menggunakan aplikasi tersebut, yang dilaksanakan dengan CBT (Computer Based Test) dan melaksanakan kegiatan pembelajaran di rumah di menu E-learning.

“Jadi aplikasi ini dibangun memanfaatkan fasilitas gratis yang ada di internet sehingga tidak membebani anggaran di madrasah kami. Dan aplikasi ini juga akan di-update sesuai kebutuhan Madrasah Aliyah Hasanuddin Bandarlampung,” ucapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran di MA Hasanuddin dilaksanakan berpedoman pada Panduan Kurikulum Darurat yang telah diterbitkan Kemenag RI. Setiap hari, siswa hanya akan fokus pada materi esensial dari 1 atau 2 mata pelajaran pasangan dari mata pelajaran utama, pengembangan diri, ataupun peminatan.

“Dengan demikian pembelajaran madrasah akan tetap menjamin keamanan, kesehatan, dan keselamatan siswa, serta pelaksanaan pembelajaran bermutu akan tetap bisa dirasakan oleh siswa madrasah baik pada masa pemberlakuan PSBB maupun pada saat penerapan new normal,” jelasnya.

Ia menambahkan, aktivitas pembelajaran di MA Hasanuddin Bandarlampung pada masa pandemi Covid berpedoman pada kalender pendidikan berjalan yang telah ditetapkan Kementerian Agama, yaitu Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang akan berakhir pada 20 Juni 2020 serta Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021 yang akan dimulai 13 Juli 2020. (rur/rls/sur)

Komentar

Rekomendasi