oleh

BMKG: Potensi Hujan Tiga Hari ke Depan

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang terjadi hingga tiga hari ke depan.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto mengatakan, dilihat dari pergerakan angin secara umum, pola angin di wilayah Lampung dari arah Timur hingga Tenggara (Monsun Australia).

“Pola tekanan ini terbilang rendah dan sirkulasi Eddy (angin, Red) terbentuk di wilayah Samudera Hindia sebelah Barat Sumatera. Kondisi kelembapan udara di lapisan 850 milibar (mb) hingga 500 mb masih terpantau cukup lembab,” kata Rudy, Senin (6/7).

Lalu terdapat daerah perlambatan angin (konvergensi) memanjang dari Laut Jawa hingga perairan sebelah Timur Lampung.   “Selain itu terdapat juga labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal,” urainya.

Kondisi ini menyebabkan beberapa wilayah di Lampung berpotensi hujan lebat yang dapat disertai petir atau kilat dan angin kencang.

“Seperti Mesuji, Tuba, Tubabar, Lamteng, Lampura, Waykanan, Lamtim, Lamsel, Bandarlampung, Tanggamus dan Pesbar pada pagi, sore serta malam hari,” sebut dia. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi