oleh

RSUDAU Segera Layani Tes Swab

radarlampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Lampung Barat dalam waktu dekat sudah bisa melayani tes Swab, sekaligus uji di laboratorium. Ini untuk mendeteksi apakah seseorang terserang virus Corona atau tidak.

Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp.B., mengungkapkan, pihaknya sejak lama memiliki mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk pemeriksaan Tuberkolosis (TBC). Alat tersebut banyak digunakan untuk pemeriksaan Swab.

“Planning kami, dalam waktu dekat ini sudah bisa melakukan Swab. Kami sudah memiliki alat TCM. Dalam kondisi pandemi, alat tersebut digunakan oleh Amerika untuk melalukan Swab. Itu yang akan kami lakukan,” kata Widyatmoko Kurniawan saat hearing dengan Komisi III DPRD Lambar, Senin (6/7).

Menurut dia, diperlukan alat tambahan dalam pengoperasian TCM untuk Swab. Saat ini sudah dilakukan pemesanan, dan diperkirakan Rabu (8/7), alat tersebut tiba di RSUDAU.

“Insya Allah Rabu, alat tambahan tiba. Jadi langsung kita siapkan. Sehingga dalam waktu dekat ini pemeriksaan Swab bisa dilakukan. Jadi tidak lagi perlu mengirim sampel ke Palembang atau Bandarlampung seperti sebelumnya,” urainya.

Widyatmoko mengakui, saat ini pihaknya masih terkendala dengan ventilator yang baru tersedia empat unit. Karena itu, diusulkan penambahan melalui dana alokasi khusus (DAK) 2021. (nop/ais)

Komentar

Rekomendasi