oleh

Tangani DBD, Diskes Bandarlampung Tender Larvarsida Senilai Rp334 Juta

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Kesehatan (Diskes) tengah melakukan pengadaan Larvasida atau pembasmi jentik nyamuk. Sumber dana berasal dari APBD tahun 2020. Jumlah pagunya sebesar Rp334.282.905.

Kepala Diskes Bandarlampung Edwin Rusli membenarkan hal itu. Ini upaya membasmi jentik nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD).

Larvasida atau bubuk abate itu ditender melalui laman lpse.bandarlampungkota.go.id. Setidaknya ada 13 peserta yang mengikuti tender itu. Edwin menyebutkan, Larvasida ini nantinya bisa diperoleh secara gratis di puskesmas terdekat.

Menurutnya, ini sebagai upaya membasmi DBD yang tengah meningkat. Selain uapaya fogging.

Kasus DBD terkonfirmasi sebanyak 748 kasus. Sejak Januari hingga Juni 2020. Januari 63 kasus, Februari 177 kasus, Maret 211 kasus, April 131 kasus, Mei 101 kasus, dan Juni 65 kasus.

Kasus DBD di Kota Tapis Berseri sedang naik-naiknya. Karena musim hujan. Edwin berharap masyarakat juga dapat menjaga lingkungan sekitarnya. Menerapkan pola hidup sehat dan bersih (PHBS). Dan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Dengan 3M Plus.

“Menguras/membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain,” katanya kepada Radar Lampung, Minggu (5/7).

Komentar

Rekomendasi