oleh

Hadapi Hari Raya Qurban, Stok Sapi dan Kambing Aman

radarlampung.co.id – Dalam menghadapi hari raya Qurban 1441 H, Pemerintah Kota Bandarlampung melalui Dinas Pertanian (Distan) memastikan stok sapi dan kambing aman.

Kepada Distan Kota Bandarlampung Agustini mengatakan, secara garis besar pelaksanaan Qurban tahun 2020 ini, tidak ada perbedaan dengan tahun sebelum. Namun, pelaksanaan akan dilakukan sesuai protokol kesehatan yakni dengan membentuk tim pemeriksaan kesehatan hewan qurban sebelum dan sesudah hari raya Idul Adha 1441 H.

Ketersedian stok qurban di Kota Bandarlampung, untuk jumlah sapi sekira 1.500 ekor dan kambing 2.400 ekor. Kisaran harga sapi per sekor Rp14 juta-Rp25 juta dan kambing Rp1,2 juta-Rp3 juta.

“Untuk rumah potong hewan, seperti biasanya. Tapi, tentu dibeberapa tempat pasti ada yang melakukan pemotongan secara mandiri,” katanya kepada Radar Lampung, Selasa (7/7).

Agustini memastikan pelaksanaan sesuai dengan protokol kesehatan dan mengimbau untuk menggunakan pelastik hitam untuk membungkus daging sapi nantinya.

“Alasannya, karena pelastik hitam biasanya dibuat dari limbah. Jadi kurang baik membungkus bahan makanan dan kesehatan. Tak hanya itu, saat memotong pisaunya harus tajam, aman, sehat, utuh, dan halal,” ujarnya.

Sedangkan, terkait tim pemeriksaan hewan dibentuk sebanyak 20 tim yang akan kerahkan ke 20 kecamatan se-Kota Bandarlampung. Selain tim bentukannya. Akan ada tim dari pemerintah provinsi.

Tim akan mulai melakukan pemerinsaan sebelum Idul Fitri 1441 H, sejak H-14 dan hingga H+2. “InsyaAllah aman, karena para penjual sapi dan kambing di Kota Bandarlampung, orangnya itu-itu saja. Sekitar 500-an lapak. Jadi, sudah kita kasih sosialisasi,” tandasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi