oleh

Soal Fasilitas, Dishub Amati Konsistensi Pesepeda

radarlampung.co.id – Peningkatan pengguna sepeda atau pesepeda di Kota Bandarlampung mengalami peningkatan. Terlihat saat waktu-waktu tertentu. Seperti menjelang magrib. Hingga malam. Begitu pun penjualan sedang naik-naiknya.

Tak bisa dipungkiri. Kegiatan pesepeda ini, memang dampak dari normal baru. Sehingga, Dina Perhubungan (Dishub) Kota Bandarlampung sedang mengamati fenomena ini. Apakah jumlah pengguanya akan terus konsisten. Atau hanya ikut-ikutan saja. Dan kembali menurun dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Bandarlampung Iskandar mengaku, pihaknya tengah mengamati fenomena tersebut. Pengamatan ini akan menjadi dasar pengajuan anggaran kedepannya.

“Tahapan kita. Ya, kita melihat kedepan. Kalau memang kondisi ini memang benar-benar konsisten (jumlah pesepedanya tetap tinggi), maka akan kita fasilitasi. Kalau untuk saat ini, sementara belum,” katanya kepada Radar Lampung,

Pihaknya, masih melakukan pengamatan. Menurutnya, kondisi ini terjadi, karena musiman saja: kalau lagi musim rame. Kalau engga lagi musim, sepi. Jadi, pihaknya akan melihat rutinitas yang terjadi hingga dua bulan kedepan.

“Kalau konsisten, kita akan ajukan fasilitas dan lajur pesepeda. Melalui anggaran perubahan. Kalau memang ini diperlukan, tentun akan kita teruskan. Fasilitas bagi pesepeda ini kan memang bagian dari lalu lintas,” jelasnya.

Terkait wacana akan diberlakukannya pajak bagi pesepeda. Hingga saat ini, tidak ada bahasan sepeerti itu. Yang ada, soal penyusunan aturan-aturan bagi pesepeda. Untuk mengedepankan akses keselamatan.

“Jadi, mereka tidak sembangan saja. Kesana-kesini. Kalau aturannya kita buat detail lagi. Karena UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan ini tidak diataur secara detail soal pesepeda, oleh kementerian,” tandasnya. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi