oleh

Gagalkan Penyelundupan Ratusan Kotak Burung

radarlampung.co.id – Ratusan kotak berisi burung disita gabungan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni bersama Balai Karantina Pertanian Lampung, Selasa malam (7/7).

Kepala KSKP Bakauheni AKP Ferdiansyah membenarkan penyitaan burung tersebut. Sebanyak 43 kotak berisi burung dibawa menggunakan mobil Daihatsu Xenia R 8594 UH dan Toyota Innova G 9204 BZ berisi 73 kotak burung.

“Awalnya kami mengamankan Toyota Innova G 9204 BZ yang membawa 73  keranjang. Sekitar satu jam kemudian, kami mendapat informasi ada pengiriman burung. Dibawa oleh Daihatsu Xenia,” kata Ferdiansyah, Rabu (8/7).

Burung-burung tersebut terdiri dari jenis Kolibri, Poksai Mandarin, Perkutut, Murai Air, Ciblek, Pleci, Trucuk, Prenjak Lumut, Kinoi, Teledekan, dan Sikatan.

Ferdiansyah menuturkan, burung-burung ini berasal dari Tanjungbintang, Lampung Selatan dan akan dibawa ke Sumatera Utara.

“Untuk tangkapan pertama, burung-burung tersebut dibawa dari Tanjungbintang. Kemungkinan burung berasal dari daerah Sumatera Selatan dan transit di daerah Tanjungbintang. Kemudian diangkut oleh pengemudi ini,” ujarnya.

Sedangkan kendaraan kedua, burung diangkut dari daerah Curup, Bengkulu dan akan dibawa ke Brebes, Jawa Tengah.

“Kita akan koordinasikan ke pihak Karantina dan BKSDA untuk pelepasliaran kembali. Untuk burung yang dilindungi, belum kami temukan. Namun akan kami dalami untuk dilakukan pengecekan kembali. Pastinya, semuanya tanpa dokumen. Untuk pengemudi akan kami tindak lanjuti secara hukum,” tegasnya. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi