oleh

Kawanan Gajah Rusak Kebun dan Dekati Pemukiman

RADARLAMPUNG.CO.ID- Kawanan gajah dari Kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) merusak areal perkebunan dan mendekati permukiman warga di tiga wilayah pemangku. Yakni Pemangku Talang Bijak, Teluk Tuba dan Talang Petang di Pekon Kagungan, Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat, sejak Jum’at malam (10/7).

Kawanan gajah sempat menjauhi perkebunan dan pemukiman warga pada Sabtu siang (11/7).  Namun hewan berbelalai tersebut kembali memasuki areal perkebunan warga di Talang Petang saat malam hari sekitar pukul 22.00 Wib.

Peratin Kagungan, Ali Rahman mengatakan, kawanan gajah yang di perkirakan berjumlah  empat ekor tersebut memasuki perkebunan dan pemukiman pada Jum’at malam sekitar pukul 23.00 Wib. Hewan-hewan ini merusak sejumlah tanaman seperti jagung, pepaya dan pisang.

“Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak di inginkan, warga di dua pemangku itu sempat mengungsi, namun pada Sabtu (11/7) warga yang berada di lokasi melihat gajah –gajah tersebut sudah menjauhi perkebunan,”terangnya.

Terkait dengan kerusakan sejumlah tanaman warga mengaku pasrah, Namun mereka tetap berharap petugas terkait dapat segera turun untuk menghalau kawanan gajah tersebut tidak merusak rumah. Apalagi sampai ada korban jiwa.

“Sejauh ini warga masih berjaga-jaga di lokasi. Semoga kawanan gajah itu betul-betul sudah kembali lagi ke habitatnya. Kalau soal tanaman ya mau gimana lagi yang penting tidak masuk dan merusak pemukiman,” imbuhnya.

Andi Pitrian salah satu aparatur pekon setempat menambahkan terkait adanya dua ekor gajah di wilayah Talang Petang, sejumlah petugas gabungan dari unsur Kepolisian, Polisi Kehutanan TNBBS dan BKSDA, Peratin Kagungan serta sejumlah masyarakat langsung berjaga-jaga dilokasi guna mengantisifasi kawanan gajah tersebut tidak memasuki pemukiman warga.“Tim gabungan masih berjaga-jaga dilokasi, belum ada upaya penghalauan karena masih menunggu sejumlah peralatan,”imbuhnya.

Kabid Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Amri S.H.,M.Hum.,mengatakan, pihaknya  telah menurunkan tim serta sejumlah peralatan untuk menghalau kawanan gajah tersebut agar segera kembali memasuki kawasan TNBBS.

“Saat ini tim dilapangan sedang berupaya melakukan penghalauan, dari informasi terkahir kawanan gajah tersebut masih berada disekitar areal perkebunan warga. Mudah-mudahan secepatnya upaya yang dilakukan tim membuahkan hasil, sehingga masyarakat dapat beraktvitas seperti biasa,” katanya.

Dia juga mengimbau warga dilokasi untuk selalu waspada dan secepatnya menjauhi lokasi apabila melihat kawanan gajah tersebut. (edi/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi