oleh

Pak Bupati, Petani Tubaba Butuh Alsintan

RADARLAMPUNG.CO.ID- Berbagai program pertanian di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) terus ditingkatkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Khususnya para petani yang ada di kabupaten setempat. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah fasilitas Alat Mesin Pertanian (Alsintan).

Sobri (43) dan Nova (45) warga Panaragan Jaya, Kecamatan Tuba Tengah, dan Ardian (36) yang juga petani di Kecamatan Tulang Bawang Udik mengakui, program Pemkab Tubaba di bidang pertanian sangat dirasakan manfaatnya.

“Kami menyadari setiap program pemerintah tentunya memiliki tujuan yang baik, namun pada pelaksanaannya terkadang terhambat faktor yang mempengaruhi untuk dapat mencapai hasil maksimal, salah satunya adalah ketersediaan alat yang dapat digunakan dalam mengolah lahan,” tambah Kardi (48) warga Tirtakencana, Kecamatan Tuba Tengah, Minggu (12//7).

Menurutnya, alat pertanian yang saat ini  dirasakan sangat membantu adalah seperti hand traktor (mesin bajak). Sebab Pemkab Tubaba juga pernah memberikannya berupa bantuan kepada petani melalui kelompok.

“Hal ini tentunya merupakan upaya baik dari pemerintah, namun harapan kami kedepannya pemerintah juga bisa menggulirkan bantuan itu lagi sebab kemungkinan masih ada kelompok tani yang belum mendapatkannya,”terangnya.

Jika bantuan itu diadakan, lanjutnya, tentu semakin memudahkan para petani untuk memanfaatkan mesin bajak tersebut. Mengingat, selama ini para petani harus menunggu giliran untuk menggunakannya. Sehingga sebagian dari mereka terpaksa memanfaatkan mesin bajak milik perorangan yang bersifat komersial.”Kalau nyewa punya perseorangan biasanya beda tarifnya mas,”cetusnya.

Sarno (45) petani lainnya menyampaikan adanya bantuan mesin bajak di setiap kelompok tentunya juga dapat menghidupkan kelompok tani. “Tapi, setelah mesin bajak ini diterima oleh kelompok tani, maka harus dilakukan dengan benar pengelolaannya jangan sampai menguntungkan pihak-pihak tertentu saja, sebab hal itu menyangkut kepentingan para petani dalam usaha pertaniannya yang tentunya dalam memaksimalkan pengolahan lahan pertanian,”tukasnya.(fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi