oleh

Banyak Pendaftar tak Ikuti Tes SBMPTN, Begini Penjelasan Unila

RADARLAMPUNG.CO.ID – Banyak faktor membuat peserta ujian tes tertulis berbasis komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 tidak dapat menghadiri tes pada 5-14 Juli.

Humas Badan Pengelola Penerimaan Mahasiswa Baru (BPPMB) Universitas Lampung (Unila) M. Komarudin menuturkan, ketidakhadiran para peserta UTBK-SBMPTN tahun 2020 karena berbagai hal. Misalkan, ketika mendaftar dan memilih program studi ternyata tidak sesuai keinginan, lalu peserta daftar lagi, mendapatkan nomor lagi.

Selain itu, kemungkinan tidak hadir lainnya, lanjutnya, para peserta ini sudah mendaftar dan memilih pusat UTBK Unila, tetapi memilih untuk relokasi tempat tes karena daerahnya PSBB, atau kendala lainnya.

“Bisa juga mereka sudah diterima di sekolah kedinasan, atau kampus lainnya, sehingga tidak mengikuti UTBK ini,” katanya, Minggu (12/7).

Ya, Unila mencatat hingga Minggu (12/7), peserta UTBK yang tidak hadir mencapai 557 orang, dan yang telah mengikuti UTBK sebanyak 7.317 peserta.

Komarudin juga mengatakan, peserta dari luar Lampung sebelum tes akan dipisahkan terlebih dahulu dari peserta lainnya. Tercatat, ada 48 peserta yang berasal dari luar Lampung, dan semuanya telah di-rapid test dan menunjukkan non reaktif.

“Nanti akan ditanya, sudah berapa lama di Lampung. Kalau kurang dari satu bulan mereka harus menunjukkan surat keterangan bahwa yang bersangkutan non reaktif. Kalau tidak memenuhi itu, mereka harus rapid test dulu di Poliklinik Unila,” pungkasnya. (rur/sur)

Komentar

Rekomendasi