oleh

Catat, Ini Tiga Hal Cegah Second Wave Covid-19

RADARLAMPUNG.CO.ID-Upaya pencegahan datangnya gelombang kedua atau second wave Covid-19 di Lampung di gagas Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung.

Dalam catatannya, Reihana, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung mengungkapkan ada setidaknya tiga hal yang harus diperhatikan. “Pertama, kita harus meningkatkan kapasitas deteksi. Ini dilakukan dengan perluasan kontak tracing pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dan screening rapid tes. Kedua, meningkatkan kapasitas mencegah. Di mana harus tegas protokol kesehatan dan pengawasan ketat di semua pintu masuk Lampung,” beber Reihan saat melakukan pers rilis di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Lampung Senin (13/7).

Ketiga, harus meningkatkan kapasitas merespon. Reihana menyebut dengan meningkatkan kapasitas surveilans dan pelayanan kesehatan di Provinsi Lampung termasuk upaya pencegahan adanya gelombang kedua di Lampung.

“Seluruh hal tersebut harus dilakukan agar second wave tidak terjadi. Dan protokol kesehatan harus konsisten dan jadi komitmen bersama, protokol kesehatan bisa membantu memutus rantai penularan Covid-19. Pakai masker, jaga jarak dan rajin mencuci tangan bisa membantu pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Sementara per Senin (13/7) terdapat satu tambahan Pasien terkonfirmasi positif dan satu pasien sembuh Covid-19 di Lampung. Sehingga per Senin jumlah kasus Covid-19 di Lampung menjasi 209 orang. Sedang di isolasi 29 orang, meninggal 12 orang, sembuh 168 orang, ada penambahan sembuh satu orang.

“Pasien terkonfirmasi positif asa Lampung Utara, laki-laki berusia 54 tahun. Pasien pernah perjalanan ke DI Yogyakarta dan disana setelah di swab positif Covid-19 saat ini tengah menjalani isolasi di Bantul, DI Yogyakarta. Sementara pasien sembuh pasien nomor 194, berusia 41 tahun laki-laki asal Bandarlampung,” tandasnya. (rma/wdi)

Komentar

Rekomendasi