oleh

Subdit Gakkum Ditlantas Polda Akui Tak Miliki Data Lakalantas Tol

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berdalih penanganan kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di dalam tol kewenangan Polres setempat, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Lampung Kompol Benny Prasetya mengaku pihaknya tidak memiliki data pasti jumlah lakalantas di tol.

Itu diungkapkan Benny saat Radarlampung.co.id mencoba meminta data rekapitulasi lakalantas di tol. Sebatas data rentan Januari sampai saat ini.

Padahal, menurutnya pengelolahan pengawasan di tol memang dilakukan oleh polisi jalan raya (PJR) yang dibagi di beberapa grup. Dari Lampung Selatan hingga Mesuji. Di mana, bila ada lakalantas tentu PJR yang kali pertama datang memberikan pertolongan.

“Setelah petugas dari Polres setempat datang, yang akan melakukan penyidikan dan penanganan adalah Polres yang punya wilayah,” ujarnya, Senin (13/7).

Benny mengaku pihaknya hanya menerima laporan lakalantas di tol setelah penanganan. “Kita hanya mengetahui mereka menangani sekian,” ucapnya. Namun ketika ditanya berapa jumlah lakalantas di tol dari Bakauheni sampai Mesuji kurun waktu 2020, Benny mengaku perlu kembali mengecek di Polres polres yang wilayahnya dilintasi tol.

“Kita punya paling global, kalau tol minta data lagi ke Polres, karena lakalantas di tol ini yang menangani Polres. Ada laka yang tidak semuannya dilaporkan ke kita misal yang dilaporkan hanya yang meninggal dunia, kalau ada yang serempetan dan lainnya gak tahu, takutnya beda versi nanti,” tutunya.

“Jangan sampai saya bilang ada dua laka, tahunya di sana ada 10 laka,” tutupnya.(pip/sur)

Komentar

Rekomendasi