oleh

Tahun Ini Selesai, Begini Progres Pembangunan Gedung Pasar Smep

 

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pembangunan gedung pasar Smep Bandarlampung yang dikerjakan sejak tahun anggaran 2019, telah memasuki tahap II. Saat ini, progresnya sudah sekitar 50 persen.

Pengawas kontraktor PT Asmi Hidayat Muhammad Zen mengatakan, adapun progres pengerjaan tahap II berupa penyelesaian pembangunan lantai parkir dan kios-kios pedagang. “Saat ini sedang mengerjakan lantai parkir sama pembangunan kios dan finishing plafon sama kolom,” katanya, Senin (13/7).

Asmi memastikan tahun 2020 ini, pengerjaan pasar Smep akan selesai dan bisa dipergunakan pada awal tahun 2021. “Ya mungkin selesai tahun ini. Target kami akhir tahun sudah selesai dan bisa diserahterimakan ke Pemkot Bandarlampung,” ujarnya.

Menurutnya, untuk bagian basemen hingga lantai 2, akan ditempati sekitar 700 pedagang, mulai dari pedagang didalam kios dan hamparan. “Lantai basemen sampai lantai 2 untuk pedagang los dan lantai untuk 3 parkir,” ucapnya.

Adapun, total 700 pedagang itu diantaranya 240 kios dan 460 hamparan atau los. “Terkait penempatan pedagang akan ditentukan oleh dinas perdagangan,” ungkapnya.

Secara keseluruhan, progres pembangunan tak ada hambatan yang berarti. Dia menargetkan pekerjaan segera selesai, dengan mengerjakan struktur besar lainnya. Sedangkan pemasangan keramin besar dan kecil akan dilakukan pada tahap finishing.

Sementara, Kepala Dinas Perdagangan Kota Bandarlampung Adiansyah mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan rekapitulasi terkait pedagang yang berhak mendapatkan kios dan losmen nantinya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan verifikasi terhadap data lama yang merupakan pedagang lama pasar smep dan pedagang baru yang telah berjualan di sekitaran pasar smep.

“Kita utamakan pedagang lama yang akan menempatinya. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada pedagang baru. Catatannya dia juga termasuk lama berjualan disekitaran smep yang berada di lokasi sementara,” tandasnya.

Diketahui, pasar smep nantinya akan dikelola secara langsung dibawah dinas perdagangan. Pengelolaan oleh dinas terkait akan mulai dilakukan setelah dinas pekerjaan umum menyerahkan aset gedung kepada dinas perdagangan. (apr/yud)

Komentar

Rekomendasi